|

Dinkes Siagakan Posko Kesehatan 24 Jam

ilustrasi

INILAHMEDAN - Medan: Dinas Kesehatan kabupaten kota diimbau menyiagakan Posko Kesehatan terutama di jalur mudik guna menyambut libur Natal dan Tahun Baru. 

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Sumut Agustama melalui Sekretaris Ridesman, Rabu (26/12/2018). 

"Kita buat surat edaran kepada dinas kesehatan kabupaten kota untuk membuat Posko Kesehatan. Ini untuk menindaklanjuti surat edaran Menkes RI tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada situasi khusus libur hari Natal dan Tahun Baru," katanya.

Dia juga mengatakan Posko Kesehatan melibatkan instansi terkait untuk memberikan pelayanan selama 24 jam baik di puskesmas dan rumah sakit di sepanjang jalur mudik termasuk pelayanan unit gawat darurat. 

"RS pemerintah maupun swasta untuk mengantisipasi rujukan kasus kecelakaan dan gangguan kesehatan lainnya," katanya. 

Dalam surat edaran Menkes yang ditandatangani Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo juga mengimbau agar menyiapkan tim gawat darurat dan evakuasi medik untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan kondisi darurat lainnya serta fasilitas akses lokasi kecelakaan.

"Kita juga menyiapkan Posko di Dinkes Sumut, kantor Gubsu dengan menyiagakan 1 dokter dan 2 perawat selama 24 jam dengan sistem aplusan. Juga mobil ambulans serta obat-obatan," ungkapnya. 

Sebelumnya, Dinkes Sumut sudah melaksanakan apel siaga gabungan dengan Polda Sumut untuk penyiapan posko dimaksud.

Selain itu, Dinkes Sumut juga mengimbau Dinkes kab/kota mengintensifkan sistem kewaspadaan dini kejadian luar biasa dan surveilans penyakit periode arus mudik. Posko tersebut dimulai 24 Desember 2018 sampai 2 Januari 2019.

"Selama Natal dan Rahun Baru kita juga meminta pelaporan surveilans penyakit seperti keracunan,  diare dan kecelakaan," tandasnya. (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini