|

Daya Pikat Batu Katak, Tujuan Wisata di Pedalaman Bahorok


Batu Katak merupakan salah satu destinasi wisata. Lokasinya berada di pedalaman Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Kecamatan Bahorok memang menyimpan banyak daya pikat sebagai daerah tujuan wisata. Selain wisata air, di kecamatan itu menyimpang potensi wisata sejarah, tracking, rafting, caving dengan memiliki banyak gua yang masih alami serta flora dan fauna yang beragam serta track yang cukup menantang bagi penggemar motor trail.


Selama ini orang hanya mengenal Desa Bukit Lawang di Kecamatan Bahorok sebagai destinasi wisata yang memang selama ini banyak dikunjungi. Desa yang beradadi kaki pegunungan Bukit Barisan ini bahkan sudah terkenal hingga mancanegara, terlebih dengan penangkaran Orangutan. Desa ini pernah luluhlantak dihantam banjir bandang pada 2003 silam yang menelan korban jiwa lebih dari 200 orang.

Setelah Bukit Lawang, kini Dusun Batu Katak, Desa Batu Jonjong, juga mulai dipoles sebagai daerah tujuan wisata. Bahkan setiap hari libur lokasi wisata ihni kerap dibanjiri wisatawan.

Lokasi wisata Batu Katak tak jauh dari Bukit Lawang. Dari Pekan Bahorok hanya berjarak 8 Km. Sedangkan dari Medan jaraknya mencapai 80 Km. Namun karena sarana transportasi yang belum memadai membuat perjalanan menuju lokasi itu ditempuh hingga 3 jam lebih. Jalan berlubang dan berbatu sebenarnya lebih cocok untuk track motor trail.

Meski jalanan belum diaspal, namun kendaraan roda empat saat ini sudah bisa mencapai lokasi wisata pemandian alam tersebut. Jika menggunakan mobil pribadi maka anda harus hati-hati. Sebab batu-batu besar dan lubang bisa menghambat perjalanan. Namun di sepanjang perjalanan, anda disuguhi pemadangan indah yang tidak membosankan.

Setiba di lokasi, alam yang masih perawan terhampar di depan mata. Di sekitar lokasi pemandian sudah direnovasi. Selain pondok-pondok, camping ground, juga terdapat beberapa bungalow, tempat penginapan yang didesain mengikuti kondisi alam sekitar. Kesannya cukup alami.

Dusun Batu Katak menyimpan potensi wisata yang masih alami. Air sungai yang jernih, berwarna hijau dengan kedalaman sepaha orang dewasa. Suasana ini sangat cocok untuk mandi-mandi bagi anda dan keluarga.


Gemericik air, desiran angin dan kicauan burung benar-benar menyatukan kita dengan alam.

Selain itu, keterisoliran Dusun Batu Katak membuat sinyal telepon selular anda nyaris terputus. Artinya hubungan anda dengan dunia luar hampir tidak ada. Dengan begitu anda dan alam Bukit Katak benar-benar menyatu. Ini membuat beban yang membebat pikiran kita selama ini bisa terlepas meski hanya sejenak.

Dusun Katak juga menyajikan bagi anda yang ingin berwisata di gua. Data dari Lembaga Pengelola Batu Katak terdapat 25 gua. Namun hanya sebagian saja yang dikunjungi wisatawan. Di antaranya Gua Batu Katak, Gua Jodoh, Gua Pupuk Mentar, Gua Mbelin, Gua Air, Gua Batu Rijal dan Gua Pintu Angin.

Wisatawan juga bisa menyaksikan keseharian masyarakat setempat yang cukup unik. Terlebih saat dilaksanakannya pesta-pesta adat, pengukuhan marga, penabalan nama anak dan pesta perkawinan. Memancing juga menjadi kegiatan yang sangat menarik. (imc/bsk)



Daftar Harga Wisata Dusun Batu Katak

- Tiket masuk per orang: Rp2.000
- Sewa Tenda: Rp20.000
- Sewa Ban: Rp10.000
- Penginapan tersedia (home stay) per kamar : Rp100.000 s/d Rp150.000.   (Fasilitas : Extabed, Kipas angin, Kamar Mandi)

Daftar Harga Wisata Gua

1. Gua Jodoh Rp 30.000/orang
2. Gua Pupuk Mentar dan Gua Mbelin Rp48.000/orang
3. Gua Air Rp63.000/orang
4. Gua Air +  Rafting Rp 152.000/orang
5. Gua Batu Rijal dan Gua Pintu Angin Rp63.000/orang
6. Gua Batu Rijal dan Gua Pintu Angin + Rafting Rp142.000/orang     
7. Tubbing memakai ban dari Simbelang ke Batu Katak Rp61.000/orang       
8. Rafting Batu Katak ke Lau Damak Rp103.000/orang
9. Melihat Bunga Bangkai (AMORPHOPALUS TITANUM) Rp34.000/orang
10. Bunga Bangkai di Lokasi gunung Kapur Rp35.000/orang
11. Bunga Raflesia Pancur Molah Olah  Rp40.000/orang
12. Treaking Satu hari Gunung Kapur Rp98.000/orang

Komentar

Berita Terkini