|

Lia Anggia Nasution Ketua FJPI Sumut 2018-2021


INILAHMEDAN - Medan: Lia Anggia Nasution dilantik sebagai Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Utara periode 2018-2022, Jumat (02/11^2018). Lia Anggia Nasution adalah wartawan Harian Sindo. 

Lia Anggia Nasution mengucapkan terimakasihnya kepada anggota FJPI yang telah mendukungnya untuk bisa menjadi ketua.

 Lia mengaku berat ketika diminta menjadi ketua FJPI. Lantaran diamanahkan, Lia siap mengemban tugas tersebut.

"Saya berharap semua pihak dapat membabtu dan mendukung saya untuk memajukan FJPI," katanya.

Lia mengatakan semangat jurnalis perempuan Sumatera Utara (Sumut) sudah hadir pada 1919. Ketika itu sudah ada koran yang digawangi oleh perempuan. Namanya koran perempuan bergerak. Nama jurnalis perempuan tersebut, Butet Satijah, Ch. Bariah, dan Siti Sahara. 

Pada masa itu para jurnalis berjuang dan membuka koran sendiri dan berjuang dengan tulisannya. 

"Sangat minim sekali fakta sejarah yang menyebutkan tentang mereka. Mereka hanya diketahui sebagai salah satu dari siswa dari salah satu sekolah pada masa zaman Belanda dulu. Tidak ada kejelasan profil mereka," kata Lia. 

Lia mengatakan meski sejarah para jurnalis perempuan tersebut terkubur, tetapi bara semangat para jurnalis perempuan di era tahun 1919 itu bisa dijalankan oleh jurnalis saat ini. 

"Dan FJPI bisa membawa obor semangat dengan meneruskan menuliskan isu-isu penting dan  progresif," katanya.

Disampaikannya ada pun program yang akan dijalankan dalam waktu dekat yakni kerja sama dengan staekholder dan juga berbagai pihak. Dan akan menggelar sosialiasi untuk kesejahteraan jurnalis perempuan. 

"Program saya ke depan adalah bagaimana jurnalis perempuan memperoleh asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan dengan bekerja sama BPJS Ketenagakerjaan dan juga Kesehatan," tegasnya.

Pelantikan Lia Anggia Nasution dilakukan Ketua Umum Pengurus Pusat FJPI Ramdeswati Pohan yang ditandai dengan penyerahan pataka kepada ketua terpilih di Penang Corner Jalan Dr Mansyur Medan.

Pelantikan disaksikan anggota DPD RI Darmayanti Lubis, anggota DPR RI Meutya Hafid dan caleg DPR RI Sutyas Handayani. ( imc/fat)
Komentar

Berita Terkini