|

Wirya Alrahman Dilantik Jadi Sekda Medan, Ini Pesan Wali Kota


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Dzulmi Eldin melantik Wirya Alrahman menjabat Sekretaris Daerah (Sskda) Kota Medan menggantikan Syaiful Bahri Lubis di Balai Kota, Senin (15/10/2018).

Sebelumnya Wirya menjabat sebagai Kepala Bappeda Kota Medan. Sementara Syaiful Bahri Lubis mengisi jabatan baru sebagai Staf Ahli Wali Kota Medan Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

Dengan pelantikan itu, yang Sekda baru diharapkan dapat menjalankan tugas dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. 
                
Sementara Syaiful Bahri Lubis diharapkan dapat terus mendedikasikan seluruh pengalaman dan ilmu yang dimilikinya demi kemajuan Pemko Medan.
                
Hadir pada pelantikan itu Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung,  Wakil Wali Kota Akhyar Nasution, Kajari Medan Dwiharto, Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rihmansyah, Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Kajari Belawan Yusnani,  Wakapolrestabes Medan AKBP Agus Suropratomo, Ketua TP PKK Rita Maharani dan pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan

Wali Kota mengatakan jabatan Sekda mempunyai peranan sangat penting. Di samping berkewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelayanan teknis lainnya, Sekda juga motor penggerak organisasi pemerintah daerah.

Wali kota meminta kepada sekda yang baru dapat memberikan kontribusi yang besar untuk lebih mendinamisasikan organasisasi di Pemko Medan. Kemudian mampu mengemban tugas-tugas administratif serta terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi derah.
                
Wali Kota juga menginginkan agar sekda yang baru mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif kepada seluruh institusi, baik internal maupun eksternal. Dengan demikian melalui pelantikan yang dilakukan ini, keinginan Wali Kota untuk menjadikan Medan sebagai kota tedepan dalam inovasi maupun kota yang nyaman untuk dihuni oleh seluruh warganya dapat terwujud.

Wali Kota meminta kepada sekda yang baru untuk meningkatkan disiplin ASN dan menyeimbangkan antara peningkatan kesejahteraan  dengan hukuman serta mendayagunakan semua ASN yang dimiliki dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat, akurat namun taat azas. Kemudian mengembangkan sistem penyusunan anggaran berbasis kinerja dengan menggunakan pola bottom up.

Sementara Sekda Wirya Alrahman usai pelantikan mengatakan program kerja yang akan dilakukan pasca pelantikan melaksanakan apa yang telah tertuang dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Kota Medan yang telah ditetapkan.

“Di samping itu kita juga melihat kondisi Kota Medan yang dikeluhkan masyarakat di antaranya banjir, sampah, estetika kota dan pelayanan publik. Keluhan masyarakat ini tentunya akan menjadi prioritas yang dilakukan guna membenahi Kota Medan menjadi kota modern,”  ungkap Wirya.

Sebelumnya, Wali Kota melantik Syaiful Bahri Lubis menjadi Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan yang selama ini kosong setelah pejabat lamanya pensiun. 

Wali Kota juga melantik Isa Ansyari sebagai Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan  yang juga kosong setelah kadis lama Arif Trinugroho pindah ke Provinsi Sumut. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini