|

Di Arena MTQN XXVII, Ada Mushaf Alquran Kuno Tertua


INILAHNMEDAN - Medan: Belasan Mushaf Alquran Kuno dipamerkan di arena MTQ Nasional XXVII Jalan Wiliem Iskandar/Jalan Pancing Medan. 

Keberadaan mushaf itu berjejer rapi di stand milik Provinsi Sumatera Utara, selaku tuan rumah pada event nasional ini. Pameran Mushaf Alquran Kuno itu menjadi pusat perhatian pengunjung.

Dari belasan mushaf Alquran Kuno yang dipamerkan, ada satu mushaf yang menarik perhatian pengunjung karena dianggap paling tua.   

“Ini Mushaf Alquran tertua di Indonesia,” kata Dena, penjaga stand saat ditemui di lokasi Bazaar UKM di arena MTQN XXVII Jalan Williem Iskandar/Pancing Medan, Ahad (07/10/2018).

Berdasarkan pemantauan, seluruh provinsi di Indonesia menampilkan produk-produk unggulannya di Bazaar UKM tersebut. Beragam kerajinan tangan, produk pangan, dan lainnya dipamerkan.

Stand Provinsi Sumatera Utara sendiri justeru memamerkan belasan Mushaf Alquran Kuno. Bahkan para penjaga stand memberikan buku setebal 60 lembar berisi keterangan tentang belasan Mushaf Alquran Kuno tersebut secara gratis kepada para pengunjung. 

Buku yang disusun Ichwan Azhari dan Candiki Repantu ini dipublikasikan LPTQ Sumatera Utara dalam rangka memeriahkan MTQN XXVII.

“Mushaf Alquran Kuno ini merupakan koleksi Ichwan Azhari dan Candiki Repantu,” terang Dena.

Menurut alumni Fakultas Sejarah Umiverstas Negeri Medan ini, Mushaf Alquran Kuno tertua itu selesai ditulis pada tahun 1070 H/1659 M. Hanya saja sampai saat ini belum diketahui siapa penulisnya. 

“Masih terus dalam penelitian untuk menyempurnakan,” katanya. (imc/bsk) 


Komentar Anda

Berita Terkini