|

Puasa Baik Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengatakan dunia kedokteran telah menemukan bukti bahwa puasa bukan hanya baik bagi kesehatan jasmaniah namun juga baik bagi kesehatan rohaniah.

"Hal ini diperkuat dalam sebuah hadist yang menyatakan shumu tashihhu yang artinya berpuasalah, niscaya kamu akan sehat,” kata Wali Kota ketika menghadiri buka puasa bersama dengan Dewan Komisaris dan jajaran petugas medis RS Bunda Thamrin Jalan Sei Batanghari Medan, Selasa (05/06/2018).

Dikatakan Wali Kota, hikmah puasa Ramadan selain menyehatkan tubuh melalui proses detoksifikasi toksin, juga membersihkan jiwa serta menanamkan sifat kasih sayang kepada sesama. Di samping itu melatih kesabaran orang yang berpuasa sekaligus sebagai introspeksi diri.

Selain itu, tambah Wali Kota, hikmah puasa juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kemudian dapat memperbaiki kualitas ibadah yang dilakukan serta sebagai sarana memperkuat umat.

"Selain itu puasa Ramadan mengajarkan umat Muslim agar mampu berbuka puasa secara sederhana dan jangan berlebih-lebihan, sebab masih banyak umat Muslim di luar sana yang tidak mampu berbuka puasa selain hanya dengan makanan dan minuman seadanya," kata Wali Kota.

Wali Kota mengajak semua yang hadir agar terus mengasah jiwa sosial dan senantiasa berempati terhadap nasib-nasib warga kurang mampu, termasuk pasien Muslim yang dirawat di RS Bunda Thamrin.

Wali Kota juga mengajak selurih insan kesehatan yang hadir untuk mendukung program kesehatan yang telah dirancang Pemko Medan. Dengan demikian program kesehatan itu dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Buka puasa bersama ini turut dihadiri Hendra Wibowo dan dr Hely Wijaya Kesuma selaku Ketua Dewan Komisaris RS Bunda Thamrin, Syamsul Arifin selaku tokoh masyarakat, Kepala Perwakilan Jasa Raharja Tingkat I Medan M Hidayat, Direktur RS Bunda Thamrin dr Teren Dillon MKes, sejumlah pimpinan OPD serta seluruh staf karyawan dan perawat RS Bunda Thamrin. (imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini