|

Pengakuan Mantan Kades: Nikson Nababan Manfaatkan 6 Ribu Ha Lahan 'Tidur' Jadi Produktif

Nikson Nababan sukses memanfaatkan 6.000 hektar lebih 'lahan tidur' menjadi produktif. Bahkan dengan ide briliannya dia mengubah lahan tak terpakai menjadi sumber pendapatan masyarakat.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Prestasi Nikson Nababan dalam memimpin Kabupaten Tapanuli Utara selama dua periode pantas diacungi jempol.

Tercatat, Nikson Nababan sukses memanfaatkan 6.000 hektar lebih 'lahan tidur' menjadi produktif. Bahkan dengan ide briliannya dia mengubah lahan tak terpakai menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Hal ini diakui mantan Kepala Desa Hutatoruan I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Ruben Lumbantobing, yang telah memimpin desa itu selama dua periode (2010-2016 dan 2017-2023).

Ruben mengaku kagum dengan pemikiran dan ide-ide Nikson Nababan dalam membangun Tapanuli Utara dari desa ke desa.

"Lahan tak terpakai ini diperkirakan ratusan tahuntak bisa dimanfaatkan. Ada sekitar 4,7 hektar," ungkapnya, saat berbincang dengan awak media, di Medan, Kamis (27/06/2024) malam.

Namun, kata Ruben, di tangan Nikson, lahan rawa-rawa itu menjadi bermanfaat.

Ruben bersama masyarakat desa meminta bantuan kepada Bupati Nikson untuk pengerjaannya. Escavator dan sejumlah alat berat pun diturunkan untuk pembukaan lahan serta pembenahannya.

Pengerjaan lahan rawa-rawa berlangsung hampir setahun. Setelah jadi, Nikson juga memberi bantuan benih ikan nila dan ikan mas kepada Kelompok Budidaya Ikan (Pokdatan) yang sebelumnya sudah dibentuk. 

Pokdatan yang berjumlah 24 orang inipun mulai mengelola kolam ikan atas nama masyarakat dan hasilnya dijual kepada masyarakat di desa itu.

"Sekitar tahun 2019 masyarakat mulai menikmati manfaat kolam ikan tersebut dan menjadi penghasilan tambahan bagi warga desa," ungkap Ruben. 

Bantuan dan support penuh Pemkab Taput di bawah kepemimpinan Nikson Nababan dilakukan di berbagai sektor, termasuk pertanian.

Ruben mengaku, melalui Prorgram Mina Padi dan Indeks Pertanaman 2 kali dalam setahun (IP2), Desa Hutatoruan I turut menikmati hasilnya.

Ruben menyinggung kepribadian Nikson Nababan yang mudah bergaul dan dekat dengan masyarakat. "Beliau itu mudah masuk ke masyarakat, gampang bergaul dan rendah hati."(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini