|

JBMI Sembelih Hewan Kurban di Kab/Kota di Sumut

Jami'yah Batak Muslim Indonesia (JBMI) melakukan penyembelihan hewan secara serentak di sejumlah kabupaten kota dan desa-desa terpencil di Sumatera Utara.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Jami'yah Batak Muslim Indonesia (JBMI) melakukan penyembelihan hewan secara serentak di sejumlah kabupaten kota dan desa-desa terpencil di Sumatera Utara. 

Penyembelihan hewan kurban di disaksikan Ketua Umum JBMI Pusat H Arif Rahmansyah  Marbun secara virtual.  

Arif mengatakan, kegiatan ini bagian dari misi JBMI guna memperkuat ukhwah islamiyah dan mempererat tali silaturrahim antar sesama anak bangsa.

"Pastinya kegiatan JBMI menerobos ke pelosok desa yang memakan waktu sampai 2 hingga 4 jam," ujar Arif yang juga Staf Khusus Wapres kepada wartawan melalui selular, langsung dari Jakarta, Rabu (19/06/2024).

Arif menambahkan, kegiatan ini sudah menjadi komitmen JBMI untuk terus berkontribusi. Bahkan menerabas desa-desa yang jaraknya sangat jauh dari keramaian.

"JBMI juga hadir di tengah-tengah masyarakat minoritas muslim di sejumlah kabupaten dan kota yang lokasinya sangat terpencil," ujar Ketua Dewan Pelindung Majelis Ilmu Fardhu 'Ain (MIFA) Sumut itu. 

Arif menjelaskan, kegiatan sosial ini sudah ketiga kali dilakukan.

"Alhamdulillah kegiatan penyaluran hewan kurban ini sudah menjadi agenda tahunan JBMI. Kegiatan ini juga didukung pengurus dan anggota JBMI di kabupaten dan kota, Sumatera Utara," terang Ketua PP Nahdatul Ulama. 

Ketua DPW JBMI Sumut Aripay Tambunan bersyukur dapat hadir menyaksikan penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Samosir.

"Alhamdulillah wa syukurillah, tahun ini saya bisa langsung turun menyaksikan penyembelihan hewan kurban di Samosir," ujar Aripay Tambunan juga kader Gerindra Sumut.

Patut diketahui, sambung Aripay, di Kabupaten Samosir ini jarang sekali melakukan penyembelihan hewan kurban.

Hadir dalam acara penyembelihan hewan kurban itu, Ketua Harian DPP Faisal Al Fansuri Simanjuntak, Sekretaris DPW JBMI Sumut Taufik Siregar, Wakil Ketua Amin Tanjung dan pengurus DPP, DPW serta DPC JBMI se-Indonesia.

Sementara itu, Ketua DPC JBMI Dairi Tuppak Padang berterima kasih atas kepedulian Ketua Umum JBMI Arif Rahmansyah Marbun terhadap daerah di Sumut yang minoritas umat Islam.

"Ini yang kedua kalinya kami merasakan  penyembelihan hewan qurban di desa kami. Insyaa Allah JBMI terus maju dan semakin berkembang," ujar Tuppak.

Sebelumnya diberitakan delapan hewan kurban Idul Adha tahun ini disebar di Kabupaten Dairi, Samosir, Toba. Kemudian Kabupaten Humbang Hasundutan, Simalungun, Tanah Karo Tapanuli Utara dan Tapanuli Tengah.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini