|

Apa yang Akan Terjadi Jika Israel Serang Balik Iran? Ini Kata Mantan Agen Mossad

Pemandangan menunjukkan drone atau rudal berlomba-lomba mencari sasaran di Israel. (foto: CNN Indonesia) 

INILAHMEDAN - Teheran: Orang melancarkan serangan besar-besaran terhadap Israel, musuh regionalnya, yang belum pernah ada sebelumnya pada Sabtu malam lalu. Kedua negara sepertinya diyakini tidak berhenti di situ.

Sejumlah kalangan analis Timur Tengah dikutip dari Republika.co.id sebagaimana dilansir Asgard Al Awsat, Senin (15/04/2024), meyakini tanggapan Israel terhadap Iran hampir tidak bisa dihindari. Namun jika itu yang terjadi, akan terjadi risiko yang dapat memperburuk destabilisasi Timur Tengah.
Iran selama ini terbiasa berhadapan dengan Israel melalui pihak ketiga seperti Hizbullah Lebanon. Tapi sekarang Iran untuk pertama kalinya melancarkan serangan langsung dari wilayahnya dengan ratusan rudal dan drone.. Penasihat keamanan Stephane Odrand mengatakan, meski Israel dan sekutunya menembak jatuh sebagian besar rudal dan drone Israel, peristiwa ini mencatat ulang hubungan antara kedua musuh tersebut.

Stefan Odrand percaya untuk membendung risiko eskalasi, Israel harus membatasi diri pada serangan di lokasi tradisional, di lokasi peluncuran rudal, dan di pabrik drone. "Biasanya Israel tidak memiliki toleransi jika wilayah nasionalnya menjadi sasaran serangan dari negara lain. Benjamin Netanyahu tidak bisa tidak menanggapinya," kata dia.

Jalur Gaza

Terlebih dan pada saat para pejabat Israel menghadapi situasi yang semakin parah. Seperti kritik dari modal asing akibat bencana kemanusiaan yang sedang berlangsung di Gaza.

Adapun terkait dukungan Amerika, Sima Shine menekankan bahwa dukungan Amerika terhadap Israel begitu besar sehingga Israel tidak bisa menyerang balik Iran tanpa berkonsultasi dengan Amerika. Bahkan menurut Tamir Hayman, hal tersebut ini bukan hanya soal konsultasi, melainkan mendapatkan persetujuan Washington.

(imc/***)


Komentar

Berita Terkini