|

Wakapolda Aceh Pimpin Delegasi Polri Kunjungi Kamp Rohingnya Soal Dugaan Pengungsian Dimobilisasi

delegasi Polri yang berkunjung ke kamp. (foto : dok)

INILAHMEDAN
- Banda Aceh : Polri mengunjungi kamp Cox's Bazar di Bangladesh dalam mencari fakta dan data terkait keberadaan Rohingya di sana. Penyelidikan guna mengetahui dugaan Rohingya dimobilisasi ke Indonesia khususnya ke Aceh.

" Wakapolda Aceh Brigjen Armia Fahmi bersama tim melihat langsung situasi dan kondisi Rohingya di kamp Cox's Bazar yang selama ini dikelola oleh Pemerintah Australia, UNHCR dan IOM," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto pada wartawan, Selasa (19/03/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Armia didampingi Dirintelkam Kombes Mohammad Ali Khadafi dan Kasat Intelkam Polresta Banda Aceh Kompol Suryo Sumantri Darmoyo. Jenderal bintang satu itu dipercaya memimpin delegasi Polri yang berkunjung ke sana.

Menurut Joko, tim yang berangkat ke Bangladesh akan melihat secara langsung kondisi dan situasi di kamp penampungan Rohingya terbesar itu. Ada beberapa hal yang diselidiki tim salah satunya terkait banyaknya pengungsi Rohingya mendarat di Aceh dalam beberapa tahun terakhir.

" Selama ini banyak imigran Rohingya yang tiba di Indonesia. khususnya Aceh. Jadi, delegasi yang dipimpin Wakapolda Aceh akan mencari data, mengapa mereka bisa dimobilisasi ke Aceh," ungkapnya. 

Selain ke kamp Cox's Bazar, tim juga mengunjungi Museum Rohingya Cultural Memory Centre serta berkunjung ke Armed Police Batalyon 8 Bangladesh. Kesatuan itu selama ini bertugas mengamankan kamp pengungsian.

Dimana sepanjang 2023 lebih seribu Rohingya mendarat di sejumlah daerah di Aceh. Mereka tiba dalam beberapa gelombang sejak awal hingga akhir tahun. (imc/joey) 


Komentar

Berita Terkini