|

Siswa Diserang ISPA, Legislator Minta DLH Evaluasi Izin Usaha Meubel

Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor. (foto: dok) 

INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan dan dinas perizinan segera mengevaluasi izin Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) termasuk UPL/UKL terhadap usaha meubel kayu di Jalan Brigjen Katamso Medan. 

Antonius mengatakan hal itu menyusul pengaduan sejumlah orangtua siswa Play Grup (PG) kepadanya soal debu yang disinyalir dihasilkan usaha meubel yang bersebelahan dengan sekolah. 

"Kita meminta DLH mengevaluasi bentuk perizinan usaha meubel tersebut. Baik berupa AMDAL atau pun UPL/UKL-nya," kata Antonius, Rabu (13/03/2024). 

Sejumlah orangtua siswa, kata Antonius, mengeluh karena anak-anak mereka menderita penyakit ISPA (Inpeksi Saluran Akut Pernapasan). Penyakit diduga disebabkan debu partikel kayu yang bersumber dari usaha meubel yang berada tepat di samping sekolah swasta itu. 

Bahkan ada salah seorang siswa yang sampai berobat ke luar negeri disebabkan penyakit ISPA tersebut.

"Kita juga meminta DLH dan Dinas Perizinan turun meninjau lokasi," katanya seraya menegaskan dalam waktu dekat Komisi II dan Komisi IV DPRD Medan memanggil pihak perusahaan meubel untuk mengklarifikasi hal tersebut.(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini