|

Serba-serbi PRSU, Dinas Perpustakaan Sumut Sediakan Titik Baca di 30 Kab/Kota

Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut Dwi Endah Purwanti di Stand Dinas Perpustakaan, Sabtu (08/07/2023) di PRSU.(foto: bsk)


INILAHMEDAN - Medan: Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyediakan program Titik Baca di arena Pekan Raya Sumateta Utara (PRSU) ke 49.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut Dwi Endah Purwanti mengatakan dengan menscan barcode yang tersedia, pengunjung dapat membaca ratusan judul buku di android.

"Program literasi ini merupakan salah satu kegiatan strategis Gubernur Sumut dalam meningkatkan minat baca masyarakat," katanya.

Untuk mendukung program itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut akan menyediakan Titik Baca di 30 kabupaten/kota se-Sumut yang akan ditempatkan di pusat-pusat keramaian.

"Kita akan tempatkan di pusat aktivitas masyarakat, sekolah, pelayanan publik seperti Disdukcapil, Samsat dan pelayanan publik lainnya," katanya.

Selain program Titik Baca, di stand itu juga dipajangkan beberapa arsip buku kuno. Buku itu merupakan arsip langka dan selalu dijaga dan dilestarikan.

Sementara jenis buku yang tersedia di Titik Baca yang dapat discan barcode melalui android ada 400 judul buku. Penyediaan layanan buku ini menunjukkan kepada masyarakat tentang kegiatan-kegiatan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut dalam rangka pembangunan indeks gemar membaca.

"Di stand kami ini juga ada dipajangkan beberapa arsip kuno. Kami sengaja pajangkan karena masih banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa di Dinas Perpustakaan masih menyimpan arsip buku kono batak yang berisikan petuah-petuah, cara membuat obat-obatan kemudian ajaran-ajaran leluhur yang tentunya tetap dilestarikan," ujarnya.

Perlu juga diketahui, tambahnya, Dinas Perpustakaan sudah melakukan program strategis daerah yaitu pembangunan pojok baca di 10 kabupaten/kota pada tahun 2022, 5 pojok baca pada tahun 2023 dan tahun 2024 direncanakan dibangun di 5 kabupaten/kota khususnya di daerah yang masih minim tingkat membaca, seperti di Kepulauan Nias, Palas, Paluta dan daerah lainnya.(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini