|

Tingkatkan Layanan Komunikasi Masyarakat, Polri Gelar Pelatihan Jurnalistik

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Jakarta : Polri menggelar pelatihan jurnalistik bagi para anggota personil Humas Mabes Polri dan perwakilan tiap jajaran Polda seluruh Indonesia dengan fokus guna menghasilkan berita yang berkualitas.

Kadivhumas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kemampuan jurnalistik anggota kepolisian dalam menyajikan berita yang baik, akurat serta bertanggung jawab.

Dalam pelatihan tersebut mereka diberikan pemahaman mendalam mengenai prinsip-prinsip dasar jurnalisme, etika jurnalistik juga teknik penulisan berita yang berkualitas.

" Pelatihan jurnalistik ini kami harapkan mampu meningkatkan mutu dan kualitas para perwakilan Polda dan Mabes Polri untuk lebih eksis dalam memberikan pelayanan informasi kepada khalayak," ujarnya di Sepolwan Lemdiklat Polri, Jakarta pada Senin (22/05/2023).

Ia menuturkan pelatihan juga untuk mempersiapkan anggota dalam menghadapi tantangan komunikasi yang kompleks di era digital termasuk memahami penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi yang efektif.

Dalam pelatihan, diajarkan cara memverifikasi informasi yang diterima, melakukan wawancara dengan baik dan menyajikan berita secara objektif dan seimbang. Selain itu, pelatihan itu akan mengajarkan pentingnya menyajikan informasi yang akurat, transparan dan relevan bagi publik.

" Konten yang berkualitas harus mengikuti perkembangan zaman, perubahan arus dan dinamika algoritma. Konten/narasi yang bernilai informatif, inspiratif, bermanfaat adalah contoh konten positif yang dapat membangun awareness yang mampu mencakup khalayak luas dan memiliki daya tarik,” jelasnya. 

Dengan pelatihan, diharapkan para anggota Humas Polri serta Polda mampu menghasilkan berita yang berkualitas, yang tidak hanya memberikan informasi yang benar dan akurat, tetapi juga mampu membangun hubungan yang baik dengan media juga masyarakat.

Hal itu akan membantu memperkuat kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di dalamnya.

Menurutnya, pelatihan jurnalistik dengan fokus pada kualitas berita tersebut merupakan langkah konkret Polri dalam meningkatkan profesionalisme anggota kepolisian dalam berkomunikasi.

Dengan berita yang baik, katanya, dapat memperkuat hubungan antara kepolisian, media massa, masyarakat, serta memberikan kontribusi positif dalam menjaga keamanan dan membangun kepercayaan publik di seluruh Indonesia.  (imc/joy)


Komentar

Berita Terkini