|

Gelar Halal Bihalal, Gubernur Edy Berharap Himpak Bersinergi Bangun Sumut

Keluarga besar Himpunan Masyarakat Pakpak (Himpak) menggelar acara halal bihalal dan Pepalum Teddoh (pelepas rindu) di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubeenur Jalan Sudirman, Medan, Minggu (14/05/2023).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Keluarga besar Himpunan Masyarakat Pakpak (Himpak) menggelar acara halal bihalal dan Pepalum Teddoh (pelepas rindu) di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubeenur Jalan Sudirman, Medan, Minggu (14/05/2023).

Acara berlangsung meriah dan dihadiri seribuan warga Pakpak. Hadir juga Ketua Umum DPP Himpak H Citra Effendi Capah, Sekretaris Kasiman Berutu dan Bendahara Nurmala Maibang dan pengurus lainnya.

Hadir juga pengurus Sumut dan kabupaten kota, para bupati Silima Suak yaitu Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Subulussalam dan Aceh Singkil dan ratusan pengurus dan anggota Himpak dari berbagai daerah.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi diwakili Asisten Ekonomi Harianto Butarbutar berharap Himpak dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan elemen masyarakat lainnya sehingga dapat bersinergi membangunan Sumut. Gubernur juga berharap peran serta Himpak untuk membantu masyarakat memaksimalkan potensi-potensi yang ada di daerah masing-masing.

"Daerah-daerah di Sumut memiliki potensi yang sangat luar biasa yang membutuhkan ormas-ormas yang peduli dengan masyarakat untuk memaksimalkan potensi daerahnya masing-masing. Tentunya Himpak bisa bekerja sama dengan Pemprov Sumut untuk memajukan potensi daerah sesuai dengan tujuan pembangunan daerah yaitu membangun daerah menata kota," ujar Gubernur. 

Untuk itu, kata Gubernur, halal bihalal ini sebagai langkah awal untuk bersama menciptakan Sumatera Utara yang lebih baik dan bermartabat.

Ketua Umum DPP Himpak Citra Effendi Capah mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara halal bihalal. Atas nama seluruh pengurus dan anggota Himpak, Citra Effendi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang telah memberikan perhatian begitu besar.

"Sejak dipimpin Edy Rahmayadi, aula rumah dinas Gubernur kini bisa dipakai seluruh elemen masyarakat. Kita memberikan apresiasi yang mendalam kepada beliau," kata Citra.

Citra Effendi mengakui etnis Pakpak memang sedikit dibandingkan suku-suku lainnya di Sumut. Untuk itu, Citra mengimbau kepada seluruh anggota Himpak untuk menggalang kekompakan dan bersatu. dengan begitu etnis Pakpak bisa memberikan warna dan bisa menjadi Pakpak yang hebat dan bermartabat.

"Namun saat ini, Pakpak bukan saja mereka yang berasal dari etnis Pakpak, tapi juga etnis lainnya yang mengaku dirinya lebih Pakpak dari pada etnis Pakpak sendiri. Jadi Pakpak saat ini bukan sekadar mereka yang memiliki marga Pakpak, tapi yang sudah berbahasa dan berbudaya Pakpak," ujarnya.

Citra Effendi berharap melalui kegiatan halal bihalal dan Papelum Teddoh ini, warga Pakpak dapat saling menjalin silaturahmi, kekompakan dan melepas rindu.

Citra berharap, agar etnis Pakpak tidak malu untuk terus menghidupkan budaya Pakpak.

"Kita bisa hebat apabila kita bisa memajukan budaya Pakpak. Untuk itu saya berharap kepada seluruh anggota Himpak dan warga Pakpak untuk terus menghidupkan budaya kita sendiri di tengah-tengah masyarakat," imbaunya.

Sedangkan Wakil Bupati Pakpak Bharat H Mutsyuhito Solin yang mewakili para kepala daerah Silima Suak mengharapkan agar pengurus Himpak bisa bekerja lebih giat untuk meningkatkan taraf kehidupan warga Pakpak. Matsyuhito berharap agar Himpak membuat program bea siswa bagi anak-anak Pakpak yang ada di Sumut dan Aceh, agar mereka bisa menuntut ilmu setinggi-tingginya. Hanya melalui bidang pendidikanlah warga Pakpak bisa meningkatkan perekonomian dan taraf hidupnya.

"Kita memiliki kekayaan alam yang sangat potensial dan hingga kini belum dikelola. Alangkah baiknya kita memanfaatkan kekayaan alam itu untuk meningkatkan pendidikan anak-anak kita. Saya kira itu harapan kami sebagai kepala daerah kepada Himpak," ujarnya.

Acara diakhiri dengan tausiah oleh Al ustadz Abdil Muhadil Ritonga dan pemberian cendera mata kepada para kepala daerah yang hadir.

Sebelumnya dilakukan pagelaran budaya dan pencak silat khas Pakpak yang membuat hadirin terkesima dan memberikan aplaus yang meriah.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini