|

Curah Hujan Tinggi, Kecamatan Barus Dilanda Banjir dan Longsor

Desa Sigambo-gambo, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapteng terendam banjir.(foto: riz) 


INILAHMEDAN - Tapteng: Akibat curah hujan yang tinggi membuat jalan utama di Desa Sigambo-gambo, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapteng terendam banjir. Kondisi ini juga mengakibatkan hubungan lalu lintas dari Simpang Tiga Sigambo menuju Kota Barus lumpuh total akibat badan jalan tergenang air setinggi 80 cm.

Rahmat Syarif Pohan salah seorang warga yang dihubungi Jumat (11/11/2022) mengatakan, genangan air di desa itu berasal dari luapan Aek Sarasa. Air menggenangi badan jalan mulai dari Simpang Tiga Sigambo-gambo hingga jembatan arah ke Kota Barus. Puluhan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat terjebak banjir.

"Air mulai menggenangi sebagian jalan Sigambo-gambo mulai jam 3 sore. Sebagian rumah penduduk di sepanjang jalan desa terendam banjir. Ruas jalan menghubungkan Sigambo-gambo menuju Kota Barus dan sebaliknya lumpuh total," ungkap Syarif. 

Selain di desa Sigambo-gambo, di informasikan di Jalinsum Harangan Ganjang, Desa Siharbangan, Kecamatan Barus Utara, Tapteng telah terjadi longsor. Material longsor menimbun badan jalan mengakibatkan hubungan lalu lintas dari Kecamatan Barus ke Barus Utara lumpuh total.

Ronald R Limbong salah seorang pengemudi mobil yang akan pulang ke Kecamatan Andam Dewi mengatakan, pada jam 7 malam telah terjadi longsor di Harangan Ganjang Kincir, Desa Siharbangan, Barus Utara dan juga banjir di Sigambo-gambo, Kecamatan Barus.

"Terjadi Longsor di Desa Siharbangan, Kincir dan banjir di Desa Sigambo-gambo, sehingga warga yang akan menuju Kecamatan Manduamas dan Andam Dewi tidak dapat melewatinya, mereka masih bertahan menunggu air surut," ucap Limbong.

Menurut informasi, hingga pukul 20.30 WIB kondisi terkini jalan tersebut belum bisa dilalui kendaraan. Dementara Kecamatan Barus sekitarnya masih diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Belum ada informasi terkait korban jiwa akibat bencana tersebut. (imc/riz)



Komentar

Berita Terkini