|

Gubsu Puji Strategi Bupati Dairi Bangun Pertanian

Bupati Eddy saat memaparkan strategi pertanian. (foto : nt)
INILAHMEDAN - Dairi : Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengaku sangat mendukung program Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu tentang pertanian terpadu holtikultura di Kecamatan Parbuluan dan Tanah Pinem.

Dukungan tersebut disampaikan Kepala Biro Perekonomian Setda Pemprov Sumut Naslindo Sirait saat melakukan pertemuan aksi nyata pertanian terpadu antara Pemprov Sumut, Pemkab Dairi, Perbankan, offtaker dan petani di Gedung Nasional Djauli Manik, baru-baru ini. 

" Pertanian terpadu ini adalah program pemerintah Kabupaten Dairi yang diinisiasi Pemkab Dairi oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu disambut dan didukung oleh bapak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi," kata Naslindo Sirait.

Naslindo mengatakan, pertemuan bersama itu dalam rangka untuk mewujudkan rencana pembangunan pertanian terpadu di Kabupaten Dairi. 

" Kita melihat bahwa potensinya pengembangan holtikultura seperti kubis, kentang, cabai dan bawang cukup besar dan kita juga melihat bahwa tren ke depan ini ketahanan pangan perlu terus dikembangkan dan kita petakan," jelasnya. 

Naslindo berharap dengan adanya program pertanian terpadu, Kabupaten Dairi bisa menjadi lumbung pangan di Sumatera Utara bahkan bisa mensuplai untuk daerah lain juga di Jawa dan ini peluang pasarnya juga terbuka sekaligus untuk pembangunan sebuah ekosistem.

" Maka hari ini kita pastikan kita membangun sebuah pertanian terpadu atau food estate harus melibatkan semua stakeholder sehingga dari segi pembiayaan tidak tergantung APBD. Tentunya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Dairi bisa memfasilitasi infrastruktur seperti akses jalan pertanian, embung, internet dan lain sebagainya," ungkapnya. 

Sementara Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengaku senang atas respon positif Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Kehadiran Pemprov Sumut dan perbankan menambah semangat bagi Pemerintah Dairi untuk mewujudkan pertanian terpadu di Kabupaten Dairi.

Merespon apa yang disampaikan oleh Pemprov Sumut soal Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Perbankan, mempermudah petani untuk mendapatkan permodalan. 

" Terima kasih pak Naslindo sudah mengajak perbankan dari Medan seperti Bank Sumut, Bank Mandiri, Bank Mustika, Bank BRI, offtaker dalam rangka memperkuat pembiayaan untuk petani yang terlibat dalam pengembangan pertanian terpadu dengan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR)," sebutnya. 

Menurutnya, program ini cepat terwujud. Kami juga mengharapkan perhatian dari segi anggaran untuk pembangunan akses jalan pertanian, gudang pupuk, embung, dan internet. 

Bupati menyebutkan Pemkab Dairi telah menyiapkan 400 Ha untuk pertanian terpadu di Kecamatan Parbuluan. Namun penanamannya dilakukan secara bertahap.

" Kami siap dengan tugas yang diberikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Ada 400 Ha lahan sudah kami siapkan untuk pengembangan tanaman hortikultura terpadu komoditinya cabai, kentang, kubis, bawang dan penanamannya dilakukan secara bertahap hingga beberapa tahun ke depan," terangnya. 

Untuk 2 minggu ke depan, tambahnya, telah disiapkan 22 hektar lahan untuk kick off penanaman hortikultura terpadu. 22 hektar lahan di Parbuluan saat ini sudah dimatangkan, alat berat sudah berada di lokasi dan tempatnya strategis. 

Turut hadir Kepala Perwakilan Bank Indonesia, OJK wilayah Sumbagut, Pimpinan OPD Sumut, Kepala Dinas Pertanian Dairi, camat, offtaker seperti PT Wingsfood, PT Indofood Sukses Makmur, PT Panah Merah, PT Wahana serta undangan lainnya. (imc/nt/am)


Komentar

Berita Terkini