|

Anggaran Belanja Fantastis, Warga Soroti Anggaran Desa

Pamflet anggaran desa. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Patumbak : Warga Desa Marindal 1, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang menyoroti besarnya anggaran belanja yang digunakan oleh pemerintah Desa dalam beberapa bidang pembelanjaan.

Diantaranya dari lima bidang belanja ada tiga yang dianggap menggunakan anggaran 'Fantastis' yakni anggaran penyelenggaraan pemerintah Desa senilai Rp 812.066.000, Pemberdayaan masyarakat senilai Rp 385.689.000 serta bidang penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak desa senilai Rp 607,653.000.

Disusul dua bidang lainnya yakni Bidang pembangunan senilai Rp 212.852.412 juga bidang pembinaan kemasyarakatan Rp 41.000.000 sehingga total belanja tersebut mencapai Rp 2.059.261.012 miliar. 

Beberapa warga pun mempertanyakan alokasi penggunaan anggaran tersebut yang jarang diketahui dirasakan langsung oleh masyarakat Desa.

Sorotan yang sama juga berasal dari Samuel Hutasoit warga Jalan Karya Ujung, Desa Marindal 1, Kecamatan Patumbak yang juga dikenal sebagai wartawan di Kabupaten Deliserdang.

Samuel menyebut anggaran yang dikeluarkan untuk pembelanjaan dalam beberapa bidang tahun anggaran 2022 itu perlu dilakukan pengawasan, baik oleh masyarakat Desa Marindal 1 maupun institusi penegak hukum seperti Polri dan Kejaksaan. 

" Masyarakat berhak mengawasi dan melaporkan apabila terdapat hal-hal yang tidak wajar terkait anggaran dana desanya," ucapnya. 

Samuel selain sebagai wartawan, juga dikenal berani dikalangan jurnalis itu berjanji akan melakukan pengawasan terhadap alokas dana desa yang belum dirasakan oleh masyarakat.

" Itu kan ada beberapa bidang anggaran nanti akan saya tanyakan ke kepala desa alokasinya kemana saja. Misalnya pembangunan apa yang dibangun. Kalau drainase ada dugaan mark up atau tidak. Kalau bidang pemberdayaan masyarakat, masyarakat di dusun mana saja yang diberikan pelatihan pemberdayaan. Kalau bidang bencana kita pertanyakan juga warga yang terkena bencana siapa saja dan menerima berapa. Karena sudah ada BPBD," terang Samuel.

Sementaran Camat Patumbak Budi S Pane mendukung fungsi tugas jurnalistik dalam perannya sebagai kontrol sosial. " Kontrol sosial," ucapnya. 

Terpisah, Kepala Desa Marindal I, Kecamatan Patumbak, Ardianto saat dihubungi mengaku tengah berada di Lubuk Pakam, Deliserdang.

 " Masih di Pakam," sebut Kades yang kembali terpilih sebagai Kepala Desa Marindal I untuk periode kedua tersebut. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini