|

Pemko Tebingtinggi Lakukan Percepatan Vaksinasi Hewan Ruminansia

Dalam rangka penanganan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dan LSD (Lumpy Skin Disease/ penyakit pada hewan yang disebabkan virus pox), Pemko Tebingtinggi melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) dan Pertanian melakukan percepatan vaksinasi bagi hewan ruminansia (hewan pemamah biak/ternak) berkuku genap/belah, Kamis (14/07/2022) di halaman kantor Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Rambutan. (foto: tuah) 


INILAHMEDAN - Tebingtinggi: Dalam rangka penanganan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dan LSD (Lumpy Skin Disease/ penyakit pada hewan yang disebabkan virus pox), Pemko Tebingtinggi melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) dan Pertanian melakukan percepatan vaksinasi bagi hewan ruminansia (hewan pemamah biak/ternak) berkuku genap/belah, Kamis (14/07/2022) di halaman kantor Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Rambutan. 

Hadir di sana Penjabat Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi, Wakapolres Kompol Asrul Robert Sembiring, Danramil 13/TT Kapt Inf Budiono, Kapolsek Rambutan AKP H Samosir, Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, Camat Rambutan Marwansyah Harahap dan Kasi Desmon Simanjuntak mewakili Kadis Kominfo.

Pj Wali Kota mengungkapkan hasil penelitian sampai saat ini belum diketahui dampak langsung dari PMK dan LSD tersebut terhadap manusia. Namun pemerintah tidak berhenti untuk terus melakukan penelitian. 

Guna menghindari merebaknya permasalahan PMK dan LSD, Pj Wali Kota berharap adanya kerja sama antara masyarakat/peternak dengan pemerintah kota.

"Hari ini sifatnya masih launching perdana, mungkin untuk selanjutnya dilakukan kecamatan-ecamatan lain. Bersama kita bergerak, bersama kita tuntaskan ini sebelum PMK dan LSD ini merebak seperti Covid-19," ujar Pj Wali Kota.

Di sela-sela kegiatan, Pj Wali Kota juga kembali mengingatkan soal lonjakan kasus Covid-19, khususnya di Sumatera Utara. 

"Berdasarkan data Satgas Covid-19 Sumatera Utara, 1 minggu lalu provinsi Sumatera Utara sebanyak 39 orang sedang dalam perawatan, namun dalam tempo 1 minggu ini telah mencapai 68 orang, naik hampir 100 persen," katanya. 

Terkait hal tersebut, Pj Wali Kota mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap Covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M.(imc/tuah)

Komentar

Berita Terkini