|

Pangdam I /BB Resmi Buka Pelaksanaan Kegiatan Bimtek Laporan Keuangan Semester-I TA 2022

Kegiatan Bimtek yang dibuka Pangdam I/BB Mayjen Achmad. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Medan : Pangdam I/BB Mayjen Achmad Daniel Chardin secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Keuangan Semester-I TA 2022 dengan menggunakan Aplikasi Sakti dan Bimtek kesiapan pengelolaan Satuan Kerja Badan Layanan Umum  dijajaran Keuangan Kodam I/BB, di ruang manunggal, Makodam I/BB, Rabu (20/07/2022). 

Pangdam menyampaikan bahwa laporan keuangan Auditet TA 2021, Kementerian Pertahanan dan TNI telah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, Raihan Opini WTP itu bukanlah hadiah namun hal ini merupakan kewajiban terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran satuan selama setahun yang harus dipertanggungjawabkan. 

Untuk itu, Pangdam menekankan kepada para peserta sosialisasi yang mengikuti kegiatan Bimtek Aplikasi Sakti agar serius dan cermat, diawali dengan proses migrasi data dari aplikasi Simak atau Saiba, baik modul pelaporan, modul aset hingga persediaan. 

Pangdam berharap dengan adanya kegiatan Bimtek, para pejabat pengelolaan keuangan dan aset dari masing-masing satuan dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman secara lebih mendalam lagi, sehingga Laporan Keuangan TA 2022, kita dapat meraih Opini WTP dari BPK RI. 

Selanjutnya, kepada pemberi materi, dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendahara an (DJPb) Kementerian Keuangan RI, dipercayakan sepenuhnya untuk memberi pendampingan dengan jelas sehingga Bimtek dapat menghasilkan output laporan Keuangan Semester I TA 2022 jajaran Kodam I/BB yang berkualitas dan akuntabel bisa terwujud. 

Turut hadir pula antara lain, Kakudam I/BB Kolonel Ike Yosie Roselin, Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (PAPK) Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara, Mercy Monika R Sitompul, para perwira Keuangan jajaran Kudam, para BPP Rumah Sakit Padang, Siantar, Binjai, para Operator Sakti dan para Satker BLU jajaran Kodam. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini