|

Bobby dan Edy Dampingi Jokowi Tinjau Bedah Rumah di Kampung Belawan Bahari

Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendampingi Presiden Jokowi meninjau perbaikan rumah di Kampung Belawan Bahari, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (07/07/2022).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendampingi Presiden Jokowi meninjau perbaikan rumah di Kampung Belawan Bahari, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (07/07/2022).

Peninjauan itu bagian dari rangkaian memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 tahun 2022 yang diadakan di Kota Medan.

Perbaikan rumah merupakan program Bedah Rumah yang dilakukan Pemko Medan guna mendukung terwujudnya masyarakat yang sehat sekaligus sebagai upaya mengentaskan masalah stunting di Kota Medan.

Sedikitnya ada tiga rumah yang ditunjau Jokowi dan rombongan karena telah rampung diperbaiki. Jokowi juga memberikan bingkisan kepada pemilik rumah.

"Yang ingin dikerjakan di sini ialah penataan kawasan, penataan rumah yang layak huni, dan itu sudah mulai dilakukan Pemko Medan," kata Jokowi yang hadir didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

Jokowi menegaskan setelah penataan rumah selesai dilakukan, akan dilanjutkan dengan penataan kawasan Belawan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR. Pengerjaan penataan kawasannya mencakup pengelolaan air bersih, sistem sanitasi, dan perbaikan jalan di perkampungan.

"Semua akan ditata agar masyarakatnya lebih sehat dan baik. Kita juga berharap kemiskinan dapat terentaskan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan akan segera membangun tanggul penahan banjir rob agar masyarakat di Medan Belawan tidak lagi kebanjiran.

"Saat ini sedang proses lelang. Selesai lelang tinggal di jalankan karena memang sudah berpuluh tahun banjir rob di sini," katanya.

Madina (45) salah seorang warga yang rumahnya diperbaiki Pemko Medan melalui program bedah rumah mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Presiden Jokowi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Bapak Presiden dan Bapak Wali Kota Medan yang telah memperbaiki rumah saya. Saya tidak menyangka rumah saya diperbaiki" Kata Madina yang berprofesi sebagai penjemur ikan di Gabion.

Berkat bantuan bedah rumah tersebut, ibu dari empat orang anak ini kini sudah tidak lagi merasakan kebanjiran.

"Macam mimpi pak rasanya rumah saya diperbaiki, uda ga banjir lagi sekarang," ungkapnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini