|

Bupati Batubara Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD Terkait LKPD 2021

Bupati Batubara Zahir diwakili Sekda Sakti Alam Siregar memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi terkait nota Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Batubara tahun 2021 pada Rapat Paripurna DPRD Batubara, Selasa (07/06/2022). (foto:'eka) 


INILAHMEDAN - Batubara: Bupati Batubara Zahir diwakili Sekda Sakti Alam Siregar memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi terkait nota Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Batubara tahun 2021 pada Rapat Paripurna DPRD Batubara, Selasa (07/06/2022). 

Menjawab pandangan Fraksi PPP, Sekda mengatakan Dinas PUPR akan berupaya meningkatkan kinerja, khusus dalam menangani banjir. 

"Kita juga meminta Dinas Sosial lebih selektif dalam melaksanaan verifikasi dan validasi DTKS,” jelasnya.

Atas pandangan Fraksi Partai NasDem, Sekda mengatakan Pemkab Batubara terus berupaya meningkatkan pembangunan di bidang pariwisata untuk meningkatkan pendapatan daerah. 

Selain itu, kata Sekda, Pemkab Batubara akan berupaya lebih kreatif dan inovatif untuk memaksimalkan pengelolaan anggaran dan sumber daya yang ada guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. 

Menurut Sekda, belanja daerah pada APBD 2021 lebih besar dari pendapatan. Namun itu dapat ditutupi dari pendapatan pembiayaan yang bersumber dari Silpa tahun 2020 dan pinjaman daerah.

“Nilai Silpa cukup besar disebabkan realisasi pendapatan melampaui target terutama pada penerimaan pendapatan pajak daerah sebesar 123,43%, dan adanya pembayaran terhadap piutang PPJ PT Inalum sebesar Rp65.796.346.616,00 dan terdapat belanja modal tanah yang terealisasi sebesar 30,02%,” sebutnya.

Menjawab pandangan Fraksi PDI-P, Sekda berjanji akan berupaya meningkatkan komitmen terhadap kualitas pelayanan dan pembangunan di Kabupaten Batubara. (imc/eka) 

Komentar

Berita Terkini