|

Terima Kunjungan Satgas Saber Pungli Pusat, Renward Parapat: Pelaku Pungli Beragam

Pemko Medan menerima kunjungan tim monitoring dan evaluasi (monev) Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Pusat. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Pemko Medan menerima kunjungan tim monitoring dan evaluasi (monev) Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Pusat. 

Tim yang diketuai Koordinator Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Pusat Nugroho diterima oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Administrasi Umum Renward Parapat di Balai Kota, Kamis (21/04/2022). 

Dalam rapat yang juga dihadiri perwakilan unsur FKPD Kota Medan dan OPD terkait ini, Renward Parapat mengatakan pemberantasan segala macam bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme merupakan salah satu amanat reformasi. 

"Salah satu tindakan yang ingin diberantas hingga tuntas adalah prilaku pungli yang kerap kali meresahkan masyarakat," katac Renward. 

Para pelaku pungli, kata dia, sangat beragam. Mulai dari individu, ormas bahkan dari kalangan pemerintah. Sedangkan laporan pungli terbanyak yang diterima masuk dari masyarakat ialah melalui via sms dan media sosial. 

Menurut Renward Paparat harus ada penguatan teknologi ICT untuk menampung lebih banyak laporan dari masyarakat untuk kemudian segera ditindaklanjuti.

"Selain itu kita juga harus memperbanyak CCTV yang bisa memantau secara langsung transaksi mencurigakan yang terjadi di kantor-kantor intansi yang berada d ibawah Pemko Medan," kata Renward Parapat.

Sebagai pemimpin di Kota Medan, lanjut Renward Parapat, Wali Kota Medan Bobby Nasution bahkan sudah beberapa kali melakukan sidak langsung ke lapangan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak pejabat yang menyalahgunakan wewenang yang dimilikinya untuk kepentingan pribadi. 

Agar kasus ini tidak terus terulang, hukuman penonaktifan bahkan pemberhentian secara langsung kerap dilakukan sebagai bentuk shock therapy bagi oknum yang ingin coba-coba melakukan pungli.

"Jangan ada lagi uang terimakasih dan lain sebagainya dalam memberikan pelayanan," katanya. 

Koordinator Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli pusat Nugroho mengatakan hal terpenting dalam pemberantasan pungli yakni mengamati rekan-rekan yang ada di kab/kota agar memiliki komitmen dalam memberantas pungli.

"Komitmen dalam memberantas kegiatan pungli ini perlu ditekankan oleh para petugas kita," kata Nugroho.

Setelah komitmen, lanjut Nugroho lagi petugas harus memiliki pemahaman tentang saber pungli.

"Pemahaman saber pungli khususnya di kantor pelayanan publik harus di mulai dari depan, setelah itu baru kita lihat proses pelayanan yang diberikan bertele-tele atau tidak," sebutnya.(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini