|

Praktisi Hukum Muda Di HPN : Semoga Pilar Demokrasi Keempat Bisa Dipertahankan

Raja Makayasa Harahap. (foto : dok)  

INILAHMEDAN
- Medan : Ketua Granat Kota Medan yang juga praktisi hukum muda Raja Makayasa Harahap menyampaikan selamat atas Hari Pers Nasional (HPN) pada Rabu (09/02/22). 

" Pers sebagai pilar demokrasi keempat menjadi komitmen kuat bagi rakyat dan negara," ujarnya. 

Ia menyebutkan pula dengan peringatan HPN tersebut perkembangan dunia pers telah banyak mengambil bagian dalam pembangunan zaman. 

Menurut praktisi hukum muda itu, selain pembangunan, pers juga berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat menjaga kondisi bangsa agar tetap kondusif. 

" Saya berharap gagasan pers sebagai pilar demokrasi keempat menjadi komitmen kuat para insan pers. Mudah-mudahan itu bisa dipertahankan," imbuhnya. 

Namun demikian, menurutnya, perlu juga kontrol yang serius untuk insan pers, Karena tanpa kontrol pers yang sehat akan sangat membahayakan negara termasuk bangsa Indonesia yang kita banggakan ini. 

Ia menuturkan di era globalisasi sekarang, media massa telah menjadi alat kontrol sosial dan pilar keempat demokrasi yakni digunakan sebagai alat ukur untuk melihat demokratisasi sebuah negara.

" Media yang netral berarti media yang bergerak secara independen, kredibel dan mandiri dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sehingga masyarakat tidak tertipu terhadap fakta yang sebenarnya terjadi,” jelasnya. . 

Selain itu, tambahnya, tugas media haruslah sesuai koridornya sebagai penyampai informasi kepada publik yang diharapkan tidak menyeleweng dari fungsinya sebagai agen demokrasi. 

" Dengan fungsi ini otomatis memaksa media untuk tidak memelintir berita guna kepentingan tersendiri. Media sebagai agen sosialisasi informasi bagi masyarakat dituntut untuk mengedepankan profesionalisme dan idealisme," tegasnya.

Karena tanpa itu media akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat. Sekaligus ia juga berharap di HPN, para insan pers menjadi hebat, rakyat kuat dan Indonesia Maju. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini