|

PPKM Level III Libur Nataru, Komisi I Sarankan Pemko Tutup Sementara KCW

Sekretaris Komisi I DPRD Medan Habiburrahman Sinuraya. (foto: dok) 


INILAHMEDAN - Medan: Sekretaris Komisi I DPRD Medan Habiburrahman Sinuraya menyarankan Pemko Medan menutup sementara Kesawan City Walk (KCW) saat diberlakukannya kembali PPKM Level 3 Covid-19 di Kota Medan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Meski KCW dibuka kembali dan tidak terbukti (menjadi cluster baru penyebaran Covid-19), saran kita sebaiknya Pemko perlu kembali menutup sementara KCW saat diberlakukannya PPKM Level 3. Ini sebagai bentuk antisipasi menjelang Nataru," kata Habiburrahman Sinuraya, Senin (06/12/2021).

Habib, begitu panggilan akrabnya, sangat bersyukur dibuka kembali KCW tidak menjadi cluster baru penyebaran Covid-19. Politisi NasDem ini juga mengapresiasi Wali Kota Medan Bobby Nasution yang terus bekerja maksimal dalam penanganan pandemi ini termasuk di kawasan KCW.


"Tapi setidaknya kita tetap menyarankan agar selama pemberlakuan PPKM Level 3 nanti sebaiknya KCW ditutup sementara saja dulu," katanya.

Menurut Habib, suasana libur Nataru tentu saja tidak serupa dengan hari-hari biasa. Sebab potensi mobilitas masyarakat di libur Nataru tentu meningkat.

"Mobilitas masyarakat di libur Nataru ini yang perlu diantisipasi Pemko Medan di kawasan yang memicu kerumuman termasuk di arena KCW meski jumlah pengunjung yang masuk ke sana dibatasi," katanya.

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution sempat menutup sementara ketika Kota Medan berstatus Level 3 pada PPKM mengantisipasi lonjakan Covid-19. Kemudian Wali Kota membuka kembali KCW lantaran status PPKM Kota Medan turun ke Level II.

Kemudian pemerintah menjelang libur Nataru menaikkan status PPKM Level III yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 24 Desember sampai 02 Januari 2022. Kebijakan ini diambil untuk menekan penyebaran Covid-19 mengingat mobilitas masyarakat pada libur Nataru cukup tinggi.

Pemko Medan sendiri membuka kembali KCW pada 19 November 2021. Sejak beroperasi hingga saat ini Satgas Covid-19 tidak menemukan klaster baru Covid-19 di KCW karena dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Seluruh petugas Satgas Covid-19 Kota Medan dari lintas OPD terus berkolaborasi agar operasional KCW yang bertujuan menggerakkan perekonomian masyarakat, tetap mengedepankan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19," kata Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Medan Muhammad Husni Minggu (05/12/2021).(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini