|

Komisi II Dorong Pemko Medan Wujudkan UHC

Sekretaris Komisi II DPRD Medan Dhiyaul Hayati.(foto: dok)


INILAHMEDAN - Medan: Komisi II DPRD Medan Dhiyaul Hayati mendorong Pemko Medan segera mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) yang akan mengakomodir kesehatan seluruh masyarakat Kota Medan tanpa melihat status sosialnya. 

“Banyak yang mengeluhkan terkait jaminan sosial khususnya BPJS Kesehatan. Mereka mengeluh tidak bisa berobat karena harus membayar pelunasan tunggakan iuran BPJS Kesehatan yang tak mampu lagi mereka bayar. Jadi program UHC sangat penting diwujudkan Pemko Medan," kata Dhiyaul Hayati kepada wartawan di Medan, Senin (06/12/2021). 

Sekretaris Komisi II DPRD Medan yang membidangi kesehatan dan kesejahteraan ini menyebutkan, mereka yang berada di Komisi II akan terus berkomitmen untuk kesehatan masyarakat. 

"Kami yang berada di Komisi II sedang memperjuangkan Universal Health Coverage (UHC) bagi warga Kota Medan tanpa terkecuali. Jika ini terealisasi, setiap warga Kota Medan yang memiliki KTP dan KK bisa berobat gratis di kelas 3,” katanya.

Kata dia, bagi masyarakat Kota Medan yang tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), Pemko Medan sudah menyiapkan program unregister dan melakukan pendaftaran di Rumah Sakit Umum dr Pirngadi Medan (RSUPM).

Dia juga menyarankan bagi warga tidak mampu yang melakukan persalinan, dapat berobat melalui program Jaminan Persalinan (Jampersal). “Terkait program Jampersal ini, warga bisa bertanya kepada kepala lingkungan masing-masing. Program ini sangat membantu bagi ibu-ibu yang mau melahirkan dibandingkan program unregister,” pungkasnya. (imc/bsk)



Komentar

Berita Terkini