|

Aturan Melintas Saat Nataru 2021 Disimulasikan Ditlantas Poldasu

Petugas Ditlantas Poldasu menggelar simulasi melintas saat Nataru 2021. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Medan : Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumut menggelar simulasi aturan melintas saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di Aula Tribrata Mapolda Sumut pada Selasa (30/11/21) petang.

Dalam kegiatan itu Ditlantas mendirikan tenda pos pengamanan, vaksinasi, pemeriksaan swab antigen serta menyiagakan satu unit mobil ambulans.

Pada simulasi diperagakan beberapa skenario dalam pengamanan wilayah perbatasan Sumatera Utara serta kabupaten/kota selama Nataru. 

Beberapa personil yang standby di pos pengamanan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan masuk maupun arah ke luar kota. 

Setiap kendaraan yang melewati pos pengamanan wajib menunjukan sertifikat vaksinasi melalui barcode aplikasi peduli lindungi yang telah disediakan petugas. Apabila pengendara atau pengemudi sudah divaksin maka diperbolehkan melintas.

Wakil Gubsu Musa Rajeksah (Ijek) menempelkan stiker pada simulasi melintas saat Nataru 2021. (foto : dok) 

Namun, jika nantinya pengendara atau pengemudi didapati belum divaksin, petugas akan membawa ke tenda untuk diberi suntikan lalu diperbolehkan melanjutkan perjalanan. 

Tidak hanya itu, petugas juga melakukan pengecekan swab antigen secara acak terhadap penumpang mobil yang melintas. 

Jika ditemukan adanya salah satu penumpang yang reaktif langsung dibawa dengan ambulans ke rumah sakit terdekat untuk menjalani swab pcr. Langkah itu dilakukan dalam mencegah penyebaran covid-19 selama Nataru.

Simulasi itu juga disaksikan Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen Hasanuddin, Wagubsu Musa Rajekshah, Kabinda Brigjen Asep Jauhari, Dirlantas Kombes Valentino Tatareda serta pejabat terkait lainnya.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, turut menempelkan stiker di salah satu mobil sebagai tanda bisa melintas dalam simulasi tersebut. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini