|

121 Pospam Terpadu Dan 11.456 Personil Gabungan Disiapkan Poldasu Pada Nataru

Kabid Humas Poldasu Kombes Hadi. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Medan : Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Hadi Wahyudi menyebutkan Polda Sumatera dan Polres sejajaran akan mendirikan Pos pengamanan/Pelayanan saat perayaan Nataru. Pospam tersebut sebanyak 121 yang akan didirikan. 

" Sebanyak 121 Pospam terpadu akan didirikan dengan perkuatan personil gabungan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinkes dan stakeholder terkait yang berjumlah 11. 456 personil," sebut Kabid humas, Jumat (03/12/21). 

Selain itu, katanya, Polda dan Polres sejajaran juga mendirikan Pos Pelayanan (Posyan). " Kita juga mendirikan Posyan sebanyak 32 termasuk cek poin 102 pos," ujarnya. 

Para personil gabungan tersebut akan ditempatkan di Pospam dan Posyan yang disebar di lokasi wisata. " Akan disebar juga di lokasi wisata atau tempat hiburan, pusat perbelanjaan dan mall," ungkapnya. 

Hadi menyebutkan para personil itu nantinya akan melakukan pemeriksaan terhadap pengendara mobil maupun sepeda motor. 

" Setiap pos akan kita siapkan Q barcode untuk scan melalalui aplikasi peduli lindungi. Nanti ketahuan apabila belum divaksin covid-19 maupun yang sudah divaksin. Apabila sudah divaksin dan tanpa ada reaktif, diperbolehkan jalan. Tapi apabila belum divaksin akan divaksin ditempat atau kita bawa ke Puskesmas terdekat. Jadi Masyarakat agar melengkapi aplikasi peduli lindungi," jelasnya. 

Kabid Humas juga mengatakan seluruh Indonesi akan memberlakukan PPKM level 3. Semua aturan yang tertera dalam inmendagri 62/2021 tentang pengaturan natal dan tahun baru yang diberlakukan secara ketat mengingat Sumatera Utara masih dilanda pandemi covid-19. 

Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak berpergian atau mudik saat perayaan Nataru kali ini dan hal itu juga sudah disampaikan oleh ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar Gereja) Provinsi Sumut.

" Kita tidak mau terus menerus dengan situasi pandemi. Untuk itu, agar tidak terjadi gelombang ketiga penyebaran covid-19, masyarakat untuk menahan diri dan tetap di rumah dalam merayakan Natal dan Tahun Baru," imbuhnya. 

Ia juga meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) seperti tetap memakai masker, rajin cuci tangan, hindari kerumunan, jaga jarak dan kurangi mobilitas. 

" Dan bagi masyarakat yang belum divaksin covid, segera menjalani vaksinasi karena diberbagai daerah tersedia," pungkasnya. (imc/joy)  


Komentar

Berita Terkini