-->
    |

Ketua Pansus RTRW Dukung Revitalisasi Lapangan Merdeka Jadi Cagar Budaya

 

Ketua Panitia Khusus (Pansus) RTRW DPRD Medan Dedy Aksyari. (foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Ketua Panitia Khusus (Pansus) RTRW DPRD Medan Dedy Aksyari mendukung penuh program Wali Kota Medan Bobby Nasution merevitalisasi Lapangan Merdeka sebagai kawasan sejarah dan cagar budaya. 

"Tenru saja kita sangat mendukung rencana revitalisasi Lapangan Merdeka Medan sebagai kawasan sejarah dan cagar budaya," kata penataan ruangan dan cagar budaya serta nilai sejarah," Dedy Aksyari kepada wartawan, Senin (22/11/2021).

Dedi mengatakan pada peraturan daerah (perda) yang lama, Lapangan Merdeka merupakan ruang terbuka non hijau. 

"Dengan rencana revitalisasi yang digagas pak Wali, itu akan kita ubah menjadi Ruang Terbuka Hijau dan kawasan cagar budaya. Nantinya itu masuk dalam salah satu pasal pada Ranperda RTRW. Termasuk juga penataan Kota Lama Kesawan," kata politisi Partai Gerindra ini seraya menjelaskan Lapangan Merdeka merupakan saksi sejarah berdirinya Kota Medan. 

"Jadi perlu kita lindungi dan revitalisasi sebagaimana awalnya," katanya. 

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution akan merevitalisasi Lapangan Merdeka sebagai kawasan sejarah dan cagar budaya. Lewat revitalisasi ini, Bobby berharap akan muncul kesadaran masyarakat akan sejarah dan budaya Kota Medan. 

Di Lapangan Merdeka nantinya juga akan disediakan ruang bagi pelestarian maupun pengembangan seni budaya  yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini. Meski nanti direvitalisasi, nilai budaya yang ada di Lapangan Merdeka tidak boleh hilang.

"Artinya, nilai budaya Kota Medan nantinya tetap ada di dalamnya," kata Bobby.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini