|

Antisipasi Kerawanan Kapoldasu Pantau Pilkades Di Dairi

Kapoldasu Irjen Panca saat meninjau pemungutan suara pada Pilkades di Dairi. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Dairi : Menaiki helikopter Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak menuju Kabupaten Dairi dari Mapolda dalam rangka memantau Pilkades 2021 pada Kamis (25/11/21). 

Sebanyak 106 desa di Kabupaten Dairi tengah melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 yang digelar serentak. 

Guna mengantisipasi terjadinya potensi kerawanan selama Pilkades di Kabupaten Dairi personel Polri dan TNI disiagakan melakukan pengamanan wilayah.

Setiba di Kabupaten Dairi, Kapolda didampingi Karoops Kombes Desman Tarigan, Dansat Brimob Kombes Suheru, Dir Binmas Kombes Sofyan, Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi dan Wadir Sabhara AKBP Benny Hutajulu disambut oleh Forkopimda Kabupaten Dairi.

Kapoldasu meninjau TPS Pilkades di Dairi. (foto : dok)

Kapolda bersama Bupati Dairi, Danyon Simbisa 125, Kajari Dairi, Kasdim beserta PJU Polda menuju Dusun I dan II di Desa Pegagan Julu 6, Kecamatan Sumbul.

Kapolda dan rombongan melakukan peninjauan TPS 01 dan 02 yang masih melaksanakan pemungutan suara. Kapolda mengimbau warga agar dalam pemungutan suara tetap mematuhi protokol kesehatan karena situasi masih dalam pandemi covid-19.

Dalam berbagai kesempatan Kapolda tetap menyapa dengan hangat warga. Tak luput pula warga usai menyalurkan hak pilihnya dipesankan agar tetap menjaga tali silaturahim dan persaudaran.

" Siapapun yang terpilih tetap jaga persaudaraan. Jangan karena berbeda pilihan malah menimbulkan perpecahan karena hal itu hanya membuat rugi kita semua. Saya harap kepada Kepala Desa terpilih nantinya harus mampu merangkul seluruh warganya,” imbuhnya. 

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 106 desa yang menyelenggarakan Pilkades sebanyak 120.309 orang. Sedangkan jumlah TPS disetiap desa bervariasi berdasarkan jumlah pemilih maksimal di TPS sekitar 500 orang dengan jumlah TPS seluruhnya 262. 

" Pilkades ini Demokrasi riil, jadi masyarakat harus menyalurkan suaranya dengan baik, saling menjaga persaudaraan jangan berseteru, kita wajib bersama-sama agar pemilihan berjalan aman, lancar serta mematuhi protokol kesehatan,” tukasnya. 

Ia berharap peran tokoh agama, masyarakat dan eleman lainnya agar menyukseskan Pilkades 2021 di Dairi. 

" Sejauh ini Pilkades 2021 di Kabupaten Dairi berjalan kondusif. Namun begitu, personil TNI, Polri, Pemda masih siaga sampai proses penetapan calon kepala desa terpilih mengantisipasi terjadi gangguan Kamtibmas,” pungkasnya. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini