-->
    |

USU Tuan Rumah Pimnas ke-34, 2.200 Mahasiswa Siap Berkompetisi

Rektor USU Dr Muryanto Amin, Ketua Umum Pimnas ke 34 USU Dr Edy Ikhsan SH MA, Ketua Harian Pimnas ke 34 Doli Muhammad Jafar Dalimunthe dan para wakil rektor diabadikan bersama seusai konferensi pers, Kamis petang.(16/09/2021). (foto: ist) 

INILAHMEDAN - Medan: Sekitar 2.200 mahasiswa dari 100 perguruan tinggi (PT) di Indonesia siap berkompetisi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 tahun 2021 di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Pimnas dijadwalkan pada 26-30 Oktober 2021 secara daring dengan tujuh rangkaian kegiatan.

Hal itu dikatakan Ketua Harian Pimnas ke 34 di USU, Doli Muhammad Jafar Dalimunthe pada konferensi pers, Kamis petang (16/09/2021) di Lantai 1 Biro Rektor USU. Kegiatan itu dipandu Kepala Kantor Humas Protokoler dan Promosi Amalia Meutia. 

Hadir dalam temu pers itu, Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi dan Ketua Umum Pimnas ke 34 Dr Eddy Ikhsan, para wakil rektor, sekretaris rektor, pejabat MWA, Senat dan  Dewan Guru Besar. Dari jalur virtual hadir Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

Doli Muhammad Jafar mengatakan,  USU telah menyiapkan rangkaian acara Pimnas, antara lain ramah tamah di Istana Maimon, pembukaan di pelataran Biro Rektor USU, pameran poster di gedung Pancasila USU dan kuliah umum yang direncanakan diisi Menteri BUMN Erick Tohir serta acara penjurian dan acara closing ceremony di Auditorium USU.

Sedangkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diperlombakan bidang kewirausahaan, Penelitian Eksakta, Penelitian Sosial Humaniora, Karsa Cipta Penerapan Teknologi, Pengabdian kepada Masyarakat, Gagasan Tertulis, dan Gagasan Futuristik Konstruktif.

“Estimasi jumlah peserta yang akan ikut dalam Pimnas ke 34 adalah kurang lebih 2.200 mahasiswa yang akan dibimbing oleh 700 dosen pendamping yang akan hadir secara daring, dan 105 dewan juri yang diharapkan akan hadir secara luring. Selain USU, sejumlah mahasiswa Unimed, UMSU, dan UISU juga tampil pada Pimnas ke 34 tersebut,” kata Doli Dalimunthe.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Pimnas ke 34 USU, Dr Edy Ikhsan SH MH mengatakan, Pimnas merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menjadi wadah mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual. 

“Kegiatan Pimnas mendapat dukungan penuh dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution,” kata Eddy yang juga Wakil Rektor I USU. 

Pimnas, sambungnya,  juga menjadi sarana menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

“Dari 2.200 peserta Pimnas, 36 mahasiswa dari USU. Target kita dalam Pimnas ini adalah meraih medali emas di semua kegiatan yang diperlombakan. Kita targetkan juara umumlah,” katanya seraya menambahkan sebagai tuan rumah tentunya USU berharap banyak untuk meraih kesuksesan. 

Dikatakan, Pimnas adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan Kemendikbud-ristek. Pimnas menjadi sarana pengembangan kreativitas mahasiswa yang berjiwa entrepreneur, berbudaya dan inovatif. 

Eddy berharap, Pimnas dapat mendorong reputasi USU di tingkat nasional dan juga internasional.Kemudian memperkuat atmosfir riset kepada civitas akademika USU. Terakhir, melalui Pimnas akan lahir ilmuwan-ilmuwan muda yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Beo Nias Maskot Pimnas

Sementara itu Rektor USU Dr Muryanto Amin pada kesempatan itu meluncurkan maskot Pimnas. Maskot yang dipilih USU untuk Pimnas ke-34  adalah burung beo nias yang diberi nama ITO. ITO diambil dari “partuturan” dalam adat Batak yang merupakan sebutan atau panggilan pria kepada wanita atau sebaliknya yang berbeda jenis kelamin.

“ITO memiliki arti lebih khusus yaitu merupakan akronim dari Intelligent, Tough and Outstanding, yang setiap unsurnya terlebur dalam penampilan maskot Pimnas ke-34. Karakter Intelligent hadir dalam warna biru pada sayap dan ekor beo nias yang melambangkan kecerdasan, komunikatif dan andal. Karakter Tough hadir dalam warna merah pada pakaian adat khas Sumatera Utara yang melambangkan ketangguhan, keberanian, kekuatan dan semangat yang besar,” kata rektor.

Dia mengatakan, Pimnas merupakan salah satu ajang kompetisi bergengsi tingkat nasional yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Pada tahun 2021 Pimmas ke-34 diselenggarakan secara daring dan luring, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak memicu klaster baru Covid-19.

Rektor mengatakan, Pimmas ke-34 mengambil tema “Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi Untuk Inovasi Dalam Bingkai Kearifan Lokal”.

Pada kesempatan itu juga rektor,  me-launching logo, maskot, website dan Instagram resmi Pimnas ke-34. Website dan Instagram tersebut akan memuat seluruh informasi terkait pelaksanaan Pimnas ke-34.

Rektor menjelaskan, pada Pimnas ke-34 ini, USU memodifikasi logo Pimnas dengan menambahkan elemen lima kobaran api yang menyala pada sisi kiri logo. Filosofi dari jumlah kobaran api tersebut menunjukkan asas Pancasila yang diserap dalam seluruh sendi kehidupan oleh seluruh rakyat Indonesia.(imc/vera)

Komentar

Berita Terkini