-->
    |

Sekretariat DPRD Sumut Tegaskan Tidak Diskriminasi terhadap Insan Pers

Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan. (foto: ist) 


INILAHMEDAN - Medan: Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan tidak ada niat ataupun tindakan diskriminasi terhadap insan pers maupun membatasi para wartawan yang ingin melaksanakan tugas jurnalistik di lembaga legislatif tersebut.

“Kami tidak ada niat membatasi wartawan yang bertugas di DPRD Sumut dan untuk kepentingan tertib administrasi, kami telah melakukan pendataan terhadap wartawan dengan mengacu kepada surat tugas yang dikeluarkan masing-masing perusahaan media mereka,” kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Sumut Muhammad Sofyan kepada pers di Medan, kemarin. 

Ia menjelaskan, langkah tertib administrasi terhadap insan pers yang bertugas di DPRD Sumut tersebut dibutuhkan dalam rangka memudahkan pelaporan bagian sekretariat dewan pada saat melakukan kegiatan yang berkaitan dengan peliputan.

Karena itu, pihaknya telah menginformasikan kepada wartawan yang ingin melakukan peliputan di DPRD Sumut agar menyerahkan surat tugas ke Bagian Humas dan Protokol DPRD Sumut.

“Khusus kepada rekan-rekan pers yang selama ini sudah melaksanakan tugas jurnalistik di DPRD Sumut, juga kami minta agar memperbaharui surat tugas yang ditandangani pemimpin redaksi masing-masing perusahaan pers,” ujarnya.

Sofyan menambahkan, pihaknya akan terus membangun semangat kebersamaan dengan kalangan insan pers dalam upaya membangun kepercayaan publik, karena publik akan terus membutuhkan informasi yang andal dan terverifikasi dari DPRD Sumut melalui kerja jurnalis yang profesional serta independen.

Karena itu, pihaknya berharap kemitraan yang terbangun dengan pers ke depan akan meningkatkan kualitas kinerja DPRD Sumut.

Selain itu, ia juga menginginkan para jurnalis yang selama ini melaksanakan tugas peliputan di DPRD Sumut berada dalam satu ekosistem dengan tujuan yang sama, yaitu memberikan yang terbaik untuk rakyat dan menjadi jembatan informasi antar DPRD setempat dengan masyarakat.

“Ke depan sinergi dan koordinasi antara pimpinan dan anggota DPRD Sumut dengan insan pers diharapkan berjalan lebih baik dari sebelumnya” kata Sofyan. 

Terkait usulan agar Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Sumut mengikutsertakan wartawan untuk meliput kegiatan legislator saat melakukan kunjungan kerja dan reses, ia menyatakan bahwa pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengakomodir usulan tersebut.

“Kita tidak mempunyai kewenangan untuk mengkoordinir wartawan agar bisa diikutsertakan dalam setiap kegiatan reses dan kunjungan kerja anggota DPRD Sumut,” tuturnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini