|

Kepala BNPB Bersama Wali Kota Medan Tinjau Pembangunan Ruang ICU RSU Pirngadi

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau pembangunan ruang ICU RSU Pirngadi Medan untuk penanganan Covid 19, Jumat (06/08/2021) .(foto: ist) 


INILAHMEDAN  - Medan: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau pembangunan ruang ICU RSU Pirngadi Medan untuk penanganan Covid 19, Jumat (06/08/2021) .

Kepala BNPB yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 ini  menjelaskan ruangan ICU ini akan dibangun untuk 20 kamar pasien Covid 19.

"Sesuai laporan Pak Wali, rumah sakit ini juga sudah mengkonversi hampir 70 persen tempat tidurnya khusus untuk penanganan Covid 19. Memang inilah yang harus kita jalani, pengelolaannya di hulu yang harus bagus, supaya di hilirnya tidak tertekan," ujar Ganip.

Ganip berharap pembangunan ruangan ICU Covid 19 ini akan siap dan dapat dipergunakan untuk pasien dengan kategori berat sampai sedang.

Sementara itu Direktur RSU Pirngadi Medan Suryadi Panjaitan menyampaikan, pembangunan ICU Covid 19 ini terdiri dari 20 ruangan, di mana 14 ruangan digunakan untuk dewasa dan 6 ruangan untuk anak.

"Mereka (Kepala BNPB Pusat dan Wali Kota-red) puas dengan progres pembangunannya dan dalam waktu dekat akan kita pakai gedung itu, karena kebutuhan ruang ICU yang cukup tinggi untuk saat ini," tandasnya.

Suryadi berharap, ruang ICU ini dapat digunakan sebelum 12 Agutus 2021.

"Dan nanti pas ulang tahun Pirngadi yang ke 93, akan ada penandatangan prasasti yang dilakukan Pak Wali," jelasnya.

Untuk alkes di ICU Covid 19 ini, selain menggunakan alkes yang sudah ada, nantinya akan ada bantuan alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI.

"Kita berharap dari PNPB Pusat akan membantu untuk pengadaan, misalnya ventilator, monitor,"  jawabnya.

Sebagai pimpinan di rumah sakit, Suryadi mengaku, siap bekerja dengan baik sebagaimana pesan dari Wali Kota Medan dalam memberikan pelayanan kepada pasien khususnya Covid 19.

"Pesan Pak Wali, bekerjalah dengan baik, bertanggung jawab dan profesional," tandasnya. (imc/fat)

Komentar

Berita Terkini