-->
    |

PDAM Tirtanadi Jalin MoU dengan Pihak Swasta Bangun IPAM di Medan Johor

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi menjalin Memorandum of Understanding (MoU) Nota Kesepahaman dengan PT Tirta Nusantara Sukses (TNS) di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Jalan Sudirman Medan, Kamis (29/07/2021).(foto: ist) 


INILAHMEDAN - Medan: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi menjalin Memorandum of Understanding (MoU) Nota Kesepahaman dengan PT Tirta Nusantara Sukses (TNS) di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Jalan Sudirman Medan, Kamis (29/07/2021).

Penandatanganan Mou antara Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtanadi Kabir Bedi dengan Direktur  PT Tirta Nusantara Sukses Sukarman yang  disaksikan oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air masyarkat Kota Medan dan sekitarnya sebanyak 11.000 liter/detik.

Seperti diketahui bahwa kebutuhan air masyarakat Kota Medan pada saat ini sudah terpenuhi sekitar 7.200 liter/detik dan masih dibutuhkan tambahan sekitar 3.800 liter/detik lagi.

"Oleh karena itu diperlukan percepatan - percepatan, karena rakyat butuh air, segera percepat itu untuk memenuhi air masyarakat, segera kejar 11.000 liter/detik,"kata Gubsu Edy Rahmayadi.

Gubsu Edy sangat memgapresiasi PDAM Tirtanadi yang berkolaborasi dengan pihak swasta, hal ini sangat diperlukan selagi masih dalam koridor yang benar. ,Untuk itu Gubsu Edy berharap kepada kedua belah pihak agar melakukan yang terbaik demi kebutuhan dasar rakyat.

Sementara Dirut PDAM Tirtanadi Kabir Bedi mengatakan pihaknya menargetkan pada tahun 2023 kebutuhan air masyarakat Kota Medan sekitarnya akan terpenuhi yaitu dengan mempercepat pembangunan IPAM baru.

"Kita akan bangun IPAM di Binjai kapasitas 1.100 liter/detik kerjasama dengan Kementrian PUPR, ditargetkan selesai November 2022 selain itu juga sudah dilakukan MoU dengan pihak swasta untuk membangun IPAM di Pulo Brayan kapasitas 500 liter/detik, direncanakan selesai pada awal 2023," kata Kabir Bedi.

Lebih jauh Kabir Bedi mengatakan penandatanganan MoU saat ini adalah untuk membangun IPAM di wilayah Medan Johor dengan kapasitas 400 liter/detik.

Selain itu, lanjut Kabir Bedi, kerja sama yang dilakukan melalui sistem Build Operate and Transfer (BOT) yaitu pihak swasta yang membangun kemudian dalam beberapa tahun instalasi tersebut diserahlan kepada PDAM Tirtanadi.

Sementara Direktur PT Tirta Nusantara Sukses Sukarman mengatakan pihaknya berkomitmen akan menyelesaikan pembangunan IPAM tersebut sesuai target dengan tepat waktu.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini