|

Kapolri Mutasi Pati Dan Pamen, 7 Diantaranya Jajaran Polda Sumut


INILAHMEDAN
- Jakarta : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi besar-besaran terhadap anak buahnya.

Rotasi ditujukan bagi para perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1129/IV/KEP/2021. Telegram tersebut melalui Asisten Sumber Daya Manusia Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Tercatat ada 348 pejabat yang dirotasi. Salah satu jabatan yang diisi oleh pejabat baru adalah Koorsahli Kapolri yang dijabat oleh Irjen Martuani Sormin. Irjen Martuani Sormin dimutasikan sebagai pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.

Koorsahli Kapolri kini dijabat oleh Irjen Teguh Sarwono, yang sebelumnya menjadi Kapolda Bengkulu. Posisi yang ditinggalkan Irjen Teguh kini diisi oleh Brigjen Guntur Setyanto.

Brigjen Mulyanto, yang sebelumnya menjabat Kasespimmen Sespim Lemdiklat Polri, digeser menjadi Widyaswara Kepolisian Utama. Posisi yang ditinggalkan Brigjen Mulyanto kini dijabat oleh Brigjen Nasri.

Brigjen Asby Mahyuza, yang sebelumnya menjabat Wakapolda NTB, diangkat dalam jabatan baru sebagai Karotekkom Divisi TIK Polri. Posisi yang ditinggalkan oleh Brigjen Asby dijabat oleh Brigjen Ruslan Aspan.

Brigjen Ruslan sebelumnya menjabat Karojianbang Lemdiklat Polri. Jabatan tersebut kini diisi oleh Brigjen Juansih.

Sementara jumlah mutasi itu sebanyak 348 pati (perwira tinggi) dan pamen (perwira menengah) yang diantaranya terdapat personil jajaran di Polda Sumut. 

Berdasarkan Surat Telegram dari Kapolri, Derajat : Kilat dan Klasifikasi : Biasa, Kepada Distribusi A KMA B dan C Mabes Polri. 

Tujuh Kapolres diduduki oleh wajah baru dari dalam dan luar jajaran Polda Sumut, Kapolres Langkat, Simalungun, Tapteng, Asahan, Tanjung Balai, Sibolga dan Nias Selatan.

AKBP Arke Furman Ambat sebelumnya Kapolres Nias Selatan diangkat sebagai Wadansatbrimob Polda Sulut. Sebagai penggantinya AKBP Reinhadr Habonaran Nainggolan dari Ditreskrimsus Polda Sumut. 

AKBP Triyadi Kapolres Sibolga diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Tanjungbalai. AKBP Taryono Raharja Kasubdit III Direskrimum diangkat sebagai Kapolres Sibolga

AKBP Edi Suranta Sinulingga Kapolres Langkat diangkat dalam jabatan baru sebagai Waka SPN Polda Sumut.

Sementara jabatan Kapolres Langkat diserahkan kepada AKBP Danu Pamungkas Totok yang sebelumnya menjabat Danyontar TK III Mentarsis Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri. 

AKBP Agus Waluyo Kapolres Simalungun digeser menjadi Kasubbagbinfung Sepusiknas Bareskrim Polri.

AKBP Nicolas Dedy Arifianto yang sebelumnya menjabat Kapolres Tapteng ditugaskan jabatan baru menjadi Kapolres Simalungun. 

Selanjutnya Kapolres Tapteng dijabat AKBP Christian Samma yang sebelumnya menjabat Kasatreskrim Polres Metro Jaksek Polda Metro Jaya.

Kemudian AKBP Nugroho Dwi Karyanto Kapolres Asahan dimutasi jadi Irbid Itwasda Polda Kepri. AKBP Putu Yudha Prawira yang menjabat Kapolres Tanjungbalai Polda Sumut digeser sebagai Kapolres Asahan. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini