-->
    |

Tutup Diklat In Service Training 2, Ilyas Sampaikan Pesan Penting Bupati Batubara


INILAHMEDAN - Medan: Bupati Batubara Zahir diwakili Kadis Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus menutup pendidikan dan pelatihan (Diklat) In Service Training 2 di Griya Hotel Jalan T Amir Hamzah Medan, Sabtu (01/05/2021).

Menurut Ilyas Sitorus, Diklat In Cervise Training 2 ini bermaksud memberikan kesempatan kepada guru profesional atau guru potensial untuk memiliki kompetensi dalam bidang kekepalasekolahan.

"Kepala sekolah bukan lagi tugas tambahan, melainkan jabatan penting dalam sebuah institusi pendidikan," kata Ilyas Sitorus.

Ilyas juga menyampaikan pesan penting Bupati bahwa peran kepemimpinan sekaligus keteladanan harus melekat pada diri kepala sekolah.

"Karena kepala sekolah adalah manager di sekolah yang dipimpinnya," katanya.

Dalam diklat itu, peserta diberi pelatihan seperti kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial berdasarkan Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK).

"Ini harus diimplementasikan dalam tugas keseharian," harap Ncekli sapaan akrab Kadisdik Batubara.

Mantan Kepala Biro Humas Protokol Pemprov Sumut ini menambahkan bahwa setiap kepala sekolah dituntut mampu membuat UPTD yang dipimpinnya baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa menjadi betah dan menyenangi aktivitasnya di lingkungan sekolahnya.

"Karenanya, dibutuhkan kemampuan seorang kepala sekolah dalam menyiapkan suasana belajar yang baik dan efektif serta menyenangkan," katanya.

Kepala sekolah mempunyai fungsi manajerial. Fungsi managerial ini, kata Ilyas, merupakan fungsi pertama yang harus dimiliki seorang kepala sekolah selain fungsi perencanaan, pengawasan dan sosial.

Ketua Oanitia Diklat, Ruslan yang juga Kabid  GTK mengatakan bahwa diklat ini merupakan rangkaian dari tahapan program penyiapan calon kepala sekolah. Yakni seleksi administrasi, seleksi substansi dan diklat calon kepala sekolah yang telah diselenggarakan pada anggaran 2020 lalu dengan menghasilkan 34 orang lulusan seleksi substansi dari 51 oang yang mengikuti.

"Diklat In Service Training 1 dilaksanakan Februari 2021 dan In Service Traning 2 berakhir hari ini," kata Ruslan.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini