|

Kapolda Sumut Jamin Keamanan Wisatawan ke Danau Toba Dengan Menambah Polisi Pariwisata



INILAHMEDAN - Ajibata: Dalam memberikan jaminan keamanan  bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah destinasi superprioritas pariwisata Danau Toba, Polda Sumut menambah penguatan pengamanan melalui pendirian unit markas Pos Polisi Pariwisata.

Hal itu ditegaskan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak pada peresmian Pos Polisi Pariwisata, Senun (12/04/2021) di Desa  Ajibata, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba yang dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito, Wakajati Sumut Agus Salim, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Simalungun JR Saragih, Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono dan Bupati sekawasan Danau Toba.

Dalam arahannya, Kapolda Sumut  menyebutkan keberadaan unit markas  Pos Polisi Pariwisata untuk mendukung program pemerintah yang telah menetapkan lima destinasi  superprioritas pariwisata, salah satunya Danau Toba. 

Tentu, Polda Sumut dalam menyikapi program tersebut dan seusai konsep sebagai  Polri Presisi atau pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, sehingga wajib memberikan jaminan keamanan dan memberikan rasa aman bagi pengunjung ke Danau Toba. 

"Unit  Pos Polisi Pariwisata ini mudah mudahan dapat melayani dan memberikan jaminan rasa keamanan, sebab akan ditempatkan personil dan petugasnya terdiri dari  udara dan perairan. Sedangkan alat pendukung beroperasinya tugas tugas unit pos polisi Pariwisata sudah disiapkan sesuai kebutuhan," terangnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, Unit Pos Polisi Pariwisata ini bukan hanya melayani di seputaran Ajibata saja, tapi akan mengontrol 7 kabupaten yang berada di  kawasan Danau Toba.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasinya kepada Polda Sumut yang telah menunjukkan eksitensinya mendukung program pemerintah dalam destinasi superprioritas pariwisata khusus daerah Danau Toba, dengan membangun unit Pos Polisi Pariwisata, sebagai jaminan keamanan. 

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono dan Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli eko Hadyanto menyatakan sepakat mendukung keberadaan unit Pos Polisi Pariwisata di Ajibata. 

"Kemajuan Pos Polisi Pariwisata harus disertai komitmen Forkopimda dalam pembersihan Keramba Jaring Apung (KJA) sehingga selaras dan sejalan dengan pengembangan destinasi superprioritas Danau Toba, khususnya di Tongging.(imc/is) 



Komentar

Berita Terkini