|

Gubernur Edy Ingatkan Dekranasda Jalin Kemitraan di Daerah


 

INILAHMEDAN - Medan: Untuk meningkatkan produktivitas para perajin di Sumatera Utara (Sumut), para Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten/kota diharapkan aktif menjalin kerja sama dengan pola kemitraan, seperti dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di daerah dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat membuka Rapat Kerja (Raker) Dekranasda Sumut tahun 2021, di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (08/04/2021). 

“Kumpulin ibu-ibu camat dan kepala desa, hingga BUMD yang ada, bicarakan apa yang ingin kalian buat, dan sering-sering lakukan pelatihan untuk perajin,” ujar Gubernur kepada peserta raker yang terdiri dari para Ketua Dekranasda kabupaten/kota.

Gubernur juga mengatakan, perajin bisa sejahtera bila hasil karyanya banyak diminati dan dibeli orang. Karena itu, agar banyak orang yang datang ke daerah, pemerintah kabupaten/kota juga harus terus berbenah dan mempercantik daerahnya, agar banyak wisatawan yang datang.

“Banyak hasil kerajinan di daerah, banyak perajin yang andal, namun kalau daerahnya tidak buat wisatawan nyaman, maka tak akan ada pelancong yang datang untuk membeli hasil kerajinan yang telah dihasilkan para perajin,” kata Edy.

Edy juga mengharapkan para peserta dapat menjadikan raker tersebut sebagai momen untuk saling evaluasi dan meningkatkan sinergi antarkabupaten/kota, sehingga memberikan dampak yang berarti bagi para perajin binaannya di masing-masing daerah.

Sebelum meninggalkan acara, Edy menyerahkan bantuan kepada masing-masing ketua Dekranasda kabupaten/kota yang berhadir, yang nantinya bantuan tersebut akan diberikan kepada perajin binaannya.

Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis mengatakan pelaksanaan raker bertujuan untuk menyingkronisasikan program kegiatan kerja, serta rencana aksi Program Kerja Dekranas Pusat, Dekranasda Provinsi Sumut dan Dekranasda kabupaten/kota.

Raker Dekranasda Sumut tahun ini, kata Nawal, mengusung tema “Kriya Sumut Mendunia, Perajin Sejahtera, Sumut Bermartabat” diharapkan dapat mendorong para perajin untuk melakukan inovasi digital, antara dalam hal pemasaran dengan memanfaatkan platform E-Smart dan Market Place yang ada.(imc/bsk)

 

Komentar

Berita Terkini