-->
    |

Wali Kota Medan Rencanakan Tambah Tiga UPT Untuk Tingkatkan Pelayanan



INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan M Bobby Nasution merencanakan menambah tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk Dinas Pencegah dan Kebakaran Kota Medan sebagai bentuk layanan mencegah dan memadamkan kebakaran di Kota Medan.

"Upaya ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat karena fungsi pemadam bukan sekadar memadamkan api namun dalam upaya pertolongan keselamatan," ucap Wali Kota Medan M Bobby Nasution saat melakukan penanaman 2000 bibit pohon Tabebuya, dalam rangka peringatan pemadam kebakaran nasional ke-102 di Lapangan Merdeka, Senin (01/03/2021).

Di dampingi Kadis Pencegah dan Kebakaran Kota Medan, Albon Sidauruk, Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan, Husni, Bobby menegaskan dengan bertambahnya tiga UPT dan armada pemadam kebakaran maka respon waktu bisa di bawah 15 menit sudah sampai ke lokasi kebakaran ataupun dalam upaya penyelamatan.

Bobby juga menegaskan bahwa pemadam kebakaran mendapat perhatian khusus dari Mendagri karena selain memadamkan juga penyelamatan. Untuk itulah dilakukan upaya pembenahan baik dari sisi prasarana maupun kemampuan sumberdaya manusianya.

Senada dengan itu, Kadis Pencegah dan Kebakaran Kota Medan, Albon Sidauruk, menuturkan untuk saat ini jumlah armada pemadam yang layak operasi ada 27 yang ditempatkan di Empat UPT, di Jalan Borobudur, Amplas, Belawan dan KIM.

Albon sangat menyambut baik adanya wacana penambahan UPT oleh Wali Kota Medan yang nantinya direncanakan di Helvetia, Letda Sujono, dan Tuntungan. 

Selain itu pada 2023, direncanakan pembangunan UPT di kawasan Jalan Bilal. Tentunya sesuai rencana 2021-2024, Dinas Pencegah dan Kebakaran Kota Medan berjumlah sembilan tempat terdiri dari tujuh UPT dan dua pos.

Dijelaskan Albon, tujuh UPT yakni di markas pemadam di kawasan Jalan Borobudur, Helvetia, Amplas, Tuntungan, Letda Sujono (Tembung), Bilal, KIM Medan serta dua pos yakni Belawan dan USU.

Untuk USU, Lanjut Albon, pihaknya segera berkordinasi selain untuk pencegahan di USU juga bisa menjangkau sejumlah titik kawasan di sekitar USU yakni kawasan Kecamatan Medan Baru dan Selayang.

Hadir dalam penanaman pohon Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Sumut Brilian Mokhtar, Ketua TMP Medan, Wong Chun Sen Tarigan, dan Camat Medan Barat.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini