|

Ilyas: Try Out Menuju Keberhasilan di Ujian PPPK 2021



INILAHMEDAN - Batubara: Pembukaan pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021 semakin dekat. Menyikapi itu, pengurus PGRI Kabupaten Batubara bekerja sama dengan Bimbel Adzkia Medan melaksanakan try out secara daring sebagai salah satu upaya dalam membantu guru guru non ASN menghadapi seleksi PPPK.

Hal tersebut disampaikan Ketua PGRI Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus usai melihat dari ruangan ke ruangan di SMPN 1 Lima Puluh, Sabtu (06/03/2021).

Menurut Ilyas, try out seleksi PPPK adalah proses uji coba terhadap kemampuan guru-guru non ASN  dalam menguasai materi pada seleksi PPPK. Try out merupakan bentuk ujian sebagai uji coba yang diberikan kepada peserta. Soal try out disusun oleh pihak tertentu yang mempunyai kemirifan dengan soal aslinya.

"Dengan demikian tujuan kita melakukan ini untuk mempersipakan guru-guru non ASN agar diperoleh hasil yang optimal. PPPK ini terbuka bagia siapa saja yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti ujian. Maka kita harus siapkan guru-guru kita yang non ANS di Batubara ini," tambah Ilyas yang juga Kadisdik Batubara.

Ilyas juga mengumpamakan sebuah tali rantai di mana kekuatannya ada pada sambungan yang paling lemah (The strength of the chain lies in its weakest link).

Begitu pula dengan strategi menjawab soal dalam ujian, maka harus bisa memperkuat dan memprioritaskan belajar pada yang kurang kuat/lemah.

"Dengan selalu mengikuti try out kita jadi mengetahui di mana letak kelemahan kita. Try out bukan ujian lulus tidak lulus atau adu gengsi mendapatkan nilai tertinggi, tetapi untuk mengevaluasi diri sejauh mana kesiapan kita saat ini," sebut Ncekli sapaan akrab Kadisdik Batubara ini.

"Dengan try out kita jadi terbiasa memanfaatkan durasi waktu ujian dengan efektif. Dengan sering try out, otak kita jadi terbiasa fokus dengan kepadatan waktu ujian. Siap konsentrasi berjam-jam ngerjain puluhan soal dengan tingkat kesulitan tinggi dalam satu kali kesempatan," sambungnya.

Sementara Panitia Try Out Rudi Salam mengatakan jateri yang diujikan dalam try out adalah tes bakat skolastik, manajerial dan sosio kultural.

Pelaksanaan try out ini dilaksanakan satu hari tanggal 6 Maret 2021 di dua tempat berbeda yakni SMP Negeri 1 Air Putih dan SMP Negeri 1 Lima Puluh dengan jumlah peserta 810 orang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris PGRI Darwinson Tumanggor dan pengurus PGRI jabupaten serta ietua PGRI kecamatan se Kabupaten Batubara.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini