|

Melalui Vidcon, Presiden Sampaikan Penanganan Karhutla


INILAHMEDAN
- Medan : Pangdam I/BB Mayjen Hassanudin bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumut menerima pengarahan pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) dari Presiden RI Joko Widodo melalui video conference (Vidcon), Senin (22/02/21).

Pangdam I/BB bersama Wakil Gubsu Musa Rajekshah, Wakapoldasu Brigjen Dadang Hartanto, Kajatisu, sejumlah PjU Kodam I/BB, Sekdaprovsu dan para pejabat terkait lainnya menerima pengarahan dari Rumah Dinas Wagubsu di Jalan Tengku Daud Medan.

Dalam pengarahannya, Presiden Jokowi menekankan agar dilakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat tentang pencegahan Karhutla. 

Selain itu, presiden juga meminta untuk dicarikan solusi terbaik dalam tindakan pencegahan Karhutla pada daerah-daerah rawan, dan memberikan tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran hutan. 

Presiden menegaskan bahwa dirinya akan terus mengingatkan semua, meski saat ini tengah menghadapi bencana banjir di beberapa daerah dan tanah longsor. Namun kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan tidak boleh kendor. 

" Kita harapkan sebuah rencana pencegahan yang matang yang detil dan sinerginya semakin kuat serta eksekusi lapangan yang semakin efektif," tegasnya. 

Presiden mengutarakan, berdasarkan laporan BMKG, di tahun 2021 ini sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan masih mendapatkan hujan menengah tinggi hingga bulan April nanti. 

Satu semester ini kita masih bisa bertahan, tapi bukan Mei diperkirakan akan menjadi fase transisi dari musim hujan ke musim kemarau, kita harus tetap waspada, Jangan lengah. 

" Saya menerima laporan bahwa kebakaran hutan dan lahan telah mulai terjadi sejak akhir Januari dan tadi sudah disampaikan oleh Menkopolhukam," papar Presiden. 

Kegiatan Pangdam I/BB bersama FKPD Sumut dalam menerima pengarahan Presiden RI ini berlangsung aman dan lancar dengan penerapan disiplin protokol kesehatan pencegahan covid-19 secara ketat. (imc/joy) 

Komentar

Berita Terkini