|

Pangdam I/BB Entry Meeting Bersama BPK RI


INILAHMEDAN
- Medan : Pangdam I/BB Mayjen Hassanudin membuka secara resmi Entry Meeting Tim BPK RI dalam rangka penanganan pandemi covid-19 di Kodam I/BB TA 2020, Senin (21/12/20). 

Pangdam menyebutkan bahwa penilaian BPK RI terhadap laporan keuangan dilingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI pada 2020 adalah untuk menyikapi perkembangan yang terjadi dalam upaya penanganan pandemi covid-19. 

Yaitu tidak efektifnya manajemen dan ketidaktepatan nilai belanja penanganan covid-19. Ketidak-lengkapan pencatatan penerimaan hibah uang ataupun barang dari pihak ketiga, serta risiko adanya kemahalan harga dalam pengadaan barang.

" Kita juga menyadari, bahwa beberapa temuan tidak dapat ditindaklanjuti secara cepat, khususnya yang berkaitan dengan kebijakan yang berdampak pada pengelolaan barang persediaan dan beberapa hal lain. Karena TNI Angkatan Darat adalah bagian dari manajemen Kemhan dan TNI," kata Pangdam. 

Namun demikian, lanjutnya, TNI Angkatan Darat terus mendorong untuk mewujudkan tata kelola yang baik dilingkungan Kemhan dan TNI.

" Saya berharap agar satuan yang nantinya akan menjadi objek pemeriksaan, mempersiapkan data-data secara lengkap dan valid yang dibutuhkan oleh Tim BPK RI, serta menjalin komunikasi yang baik dengan memberikan pendampingan oleh pejabat/personel yang menguasai permasalahan, sehingga kegiatan pemeriksaan dapat berjalan dengan baik dan lancar," imbuhnya. 

Ia berharap Tim BPK RI memberikan bimbingan dan arahan untuk meningkatkan kualitas kinerja di tiap-tiap satuan serta dapat menunjang penyajian laporan keuangan seoptimal mungkin. 

Sehingga pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di lingkungan Kemhan dan TNI pada tahun 2021 akan dapat terwujud.

" Kepada Tim BPK RI, saya ucapkan terima kasih dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi setiap langkah dan upaya kita dalam mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan, akuntabel dan bertanggungjawab," pungkasnya. 

Hadir pula antara lain, Danlantamal, perwakilan Kosekhanudnas Medan, Lanud Suwondo dan para PjU Kodam I/BB serta Dansat BS jajaran Kodam I/BB.  (imc/joy)


Komentar

Berita Terkini