-->
    |

IPKIN Sumut Pastikan Video Viral di Medsos dan WA Hoaks



INILAHMEDAN - Medan: Viralnya video hoaks yang disebar melalui Facebook dan WhatsApp pada masa tenang Pilkada menuai sorotan dan kecaman Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (IPKIN) Sumatera Utara.

Video berdurasi 1 menit dengan konten penangkapan pria melukan money politik dipastikan hoaks dan menyesatkan masyarakat.

"Kita pastikan itu hoaks. Aksi terkutuk itu dilakukan pelaku untuk menyudutkan paslon Bobby Nasution - Aulia Rachaman, dengan harapan indikasi memecah-belah umat terwujudkan," Ujar Ketua IPKIN Cabang Sumut Dr Syahril Efendi SSi MIT didampingi Sekretaris Fauzan Nur Ahmadi SKom MCs, di Medan, Selasa (08/12/2020). 

Dijelaskan Syahril Efendi, selain disebarkan melalaui aplikasi media sosial WhatsApp, video itu juga disebarkan ke media sosial facebook.

"Hasil investigas telematika kami, video sudah menyebar cepat dengan tujuan menyudutkan paslon Bobby Nasution -Aulia Rachman. Salah seorang penyebar hoaks dalam grup facebook "Ini Medan Bung" bernama Adek Novri" pada siang (06/12/2020," jelasnya.

Oleh karena itu,Syahril Efendi mengimbau agar masyarakat tidak muda terprovokasi dengan video yang sengaja diviralkan mencemarkan nama baik paslon Bobby Nasution - Aulia Rachman.

Para pelaku berharap disaat upaya memecah belah umat Islam sedang gencar dilakukan, mengurangi simpatik masyarakat melalui video tersebut juga sengaja dilakukan.

"Yang mendownload serta menyebarkan via WhatsApp sudah banyak. Jadi kita harapkan imbaun ini sampai kepada seluruh masyarakat di Medan, agar video hoaks tersebut tidak disebarluaskan kembali. Jika sudah masyarakat menjadi pemutus hoaks, insya Allah keberkahaan menghampiri hidup kita," tegasnya.

Sementara Sekretaris IPKIN Sumut Fauzan juga mengingatkan masyarakat agar memilih paslon yang tidak memecah bela umat.

"Kota Medan miniatur Indonesia. Perbedaan sudah bertumbuh harmonis sejak lama. Jangan sampai perpecahan umat dan masyarakat kita biarkan terjadi," ujar Fauzan.

Tak hanya itu, Fauzan juga mengajak masyarakat Kota Medan agar jangan menyia-nyiakan hak pilih dengan ramai-ramai datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu, 9 Desember 2020 meskipun di era pandemi.

"Patuhi protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan, dengan demikian Kota Medan pulih dan keberkahaan menghampiri warganya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini