-->
    |

Bupati Karo Terima Penghargaan IGA 2020 dari Mendagri RI



INILAHMEDAN - Jakarta: Bupati Karo Terkelin Brahmana meraih penghargaan tingkat nasional dan terukir dalam sejarah pertama kali dalam kategori inovasi daerah se-Indonesia yang dilakukan Mendagri dalam ajang Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2020.

"Penghargaan ini semakin menegaskan bahwa Pemkab Karo   tercatat sebagai kabupaten terinovatif di Indonesia, masuk bursa rangking 98  dengan nilai skor 3.319 tingkat nasional dan ranking 3 tingkat Sumatera Utara," ujar  Bupati Karo seusai menerima penghargaan yang  diserahkan Mendagri Muhammad Tito Karnavian melalui Sekretaris Badan  Litbang DR Kurniasih pada acara anugerah Innovative Government Award (IGA) 2020, Jumat (18/12/2020) di Hotel Sultan Jakarta. 

Innovative Government Award  merupakan suatu penghargaan tertinggi yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi atas inovasi yang berhasil dicapai dan dilakukan. 

Menurut Terkelin, penghargaan ini menjadikan sebagai satu satunya daerah di Karo yang meraih penghargaan IGA. Hal ini menjadi bukti bahwa pelayanan Pemkab Karo  semakin cepat, transparan, efisien dan inovatif.  Semoga Inovasi tersebut  dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Karo

Bupati berharap, ke depan secara keberlanjutan dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang mampu mempermudah pelayanan bagi masyarakat Karo.

"Selaku leading sektor, Bappeda sudah kita intruksikan mendorong OPD agar dapat terus berinovasi, guna lebih meningkatkan dan kembali meraih IGA agar mendapatkan DID (Dana Insentif Daerah)," katanya. 

Sementara itu, Kepala Bapeda Karo  melalui Kabid litbang Mara Karmina Br Brahmana mengatakan, Pemkab Karo sukses meraih IGA awards tingkat nasional 2020, setelah melalui proses penilaian inovasi yang diajukan sebanyak 49 inovasi. 

"Ragam inovasi itu mampu menerobos jumlah predikat IGA, 195 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Salah satunya  Karo masuk kategori 'Sangat Inovatif' (tertinggi) di antara dari kelompok, kurang inovatif dan inovatif," terangnya.

Capaian nilai tertinggi dalam pengajuan inovasi 49 item tersebut , tercatat oleh tim Kemendagri, di antaranya, inovasi "Si Telu Sada",  Disdukcapil, Gesit Bappeda, e-survei Bappeda dan Lajeta DPPPA.(imc/is) 

Komentar

Berita Terkini