|

Bupati Karo akan Terapkan 4K Pulihkan Ekonomi Selama Pandemi



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan akan menerapkan pola 4K (Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi dan Komunikasi efektif) sebagai upaya memulihkan ekonomi selama pandemi Covid-19.

"Pola 4 K itu merupakan senjata ampuh dalam pengendalian inflasi daerah. Pemkab Karo ke depan berencana menerapkan pola tersebut," ujar Terkelin Brahmana didampingi Kabag Ekonomi Rismawati br Ginting, Kasubag Ekonomi Putri Mora Beru Sitepu, Kamis  (3/12/2020) di Kabanjahe, usai mengikuti pertemuan tahunan Bank Indonesia dan membahas bersinergi membangun pemulihan Ekonomi dimasa pandemi Covid-19 melanda seluruh daerah di Indonesia

Dengan penerapan 4 K itu, Bupati berharap dapat mengentaskan  pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19 yang sangat berdampak bagi masyarakat Karo, khususnya pertanian.

Bupati menyebutkan, PTBI (Pertemuan Tahunan Bank Indonesia) merupakan  ajang bergengsi yang dinanti-nanti berbagai pemangku kepentingan untuk memahami pelajaran penting, dapat diambil dari kondisi perekonomian satu tahun berjalan, guna menentukan resolusi dan target ke depan.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, situasi pandemi Covid-19 sudah berjalan 9 bulan kalender. Laju inflasi setiap daerah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. 

Grafik angka tahun 2019  mencapai 1,97 persen, tahun 2020 hanya 0,33 persen hal ini menunjukkan indeks laju inflasi turun.  

"Setiap jelang akhir tahun berjalan Bank Indonesia melakukan  konsolidasi lewat PTBI. Tujuan pertemuan ini selain menyampaikan pandangan mengenai kondisi perekonomian terkini, tantangan dan prospek ke depan, serta arah kebijakan Bank Indonesia, juga sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi Bank Indonesia kepada publik.  

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi mengapreisasi langkah yang dilakukan perwakilan Bank Indonesia Sumut memberikan motivasi dan persentase dalam menyikapi pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19.

“Kita harus optimistis dapat melewati dan mengatasi kondisi Covid-19 yang melanda ekonomi masyarakat Sumatera Utara agar ekonomi menjadi pilih,” harap Gubsu.(imc/is) 

Komentar

Berita Terkini