-->
    |

Wong Chun Sen Sosialisasikan Perda Pengelolaan Sampah dan Permasalahannya



INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Wong Chun Sen melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan kepada ratusan masyarakat yang berdomisili di Jalan Maluku, Linkungan III, Kelurahan Pandau Hilir, Kecamatan Medan Perjuangan, Minggu (22/11/2020).

Hadir sebagai narasumber pada sosialisasi itu elain ratusan masyarakat yang diundang, dikesempatan ini hadir Kasi Trantib Kecamatan Medan Perjuangan Saut Samosir, M Yamin Daulay dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan dan Kabid Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Ilham Nur dan tokoh masyarakat M Ridho. 

Pada sosialisasi itu, Wong menjelaskan tentang pengelolaan sampah dan beragam persoalan dan penanganannya. 

"Pengelolaan sampah tak lepas dari kesadaran dan perilaku masyarakat itu sendiri," kata politisi PDIP ini. 

Menurut Wong, penanganan sampah sudah diatur dalam Perda No 6 tahun 2015.

Tujuan dibuatnya Perda ini, kata Wong, tentu saja demi menjaga kesehatan masyarakat Kota Medan dan. 

"Namun yang kita lihat sekarang, banyak sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan. Di sinilah perlu peran dan kesadaran masyarakat," katanya. 

Kata Wong, banyak masyarakat yang belum menyadari akan sampah yang berbahaya bagi kesehatan. 

"Contohnya limbah baterai yang dibuang sembarangan. Apabila baterai ini di buat mainan oleh anak-anak, tanpa mencuci tangan dengan bersih, setelah itu mereka makan, bisa dipastikan anak tersebut akan keracunan berat karena baterai itu kategori limbah B3. Ini limbah  berbahaya yang bisa menyebabkan kematian," jelasnya. 

Wong menambahkan, penyumbang sampah yang paling banyak di Kota Medan adalah di kawasan apartemen, kawasan industri dan rumah tangga. 

Sementara Ilham Nur dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan memprediksi ada 200 ton sampah yang dihasilkan masyarakat perharinya. Yang mana cara perhitungannya jumlah penduduk Kota Medan dikali 0.7 kg/hari sampah yang mereka hasilkan. (imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini