|

Tingkatkan SDM, Kudam I/BB Gelar Bimtek TA 2020


INILAHMEDAN
- Medan : Demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompetensi dan skill unggul, terutama dalam mewujudkan penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Komando Daerah Militer I melalui Satuan Keuangan Kodam atau Kudam I/BB menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Keuangan Triwulan IV Tahun Anggaran (TA) 2020. 

Hal itu dikatakan Kepala Kudam I/BB Letkol Khaerudin saat membuka kegiatan Bimtek Laporan Keuangan TA 2020 di ruang Manunggal Lantai V Markas Kodam I/BB, Senin (23/11/20).

Kakudam I, bahwa kegiatan merupakan upaya nyata dari Pimpinan TNI AD untuk mewujudkan organisasi TNI AD yang bersih dan transparan terutama dalam hal penggunaan anggaran sesuai dengan laporan keuangannya.

" Untuk itu, pimpinan TNI AD telah menurunkan tim Direktorat Keuangan TNI AD atau Ditkuad, melalui Kasubdit Akuntansi Kolonel Ahmad Kamil memberikan pembekalan materi kepada personel keuangan Kodam menyusun laporan keuangannya dengan baik, benar dan transparan," ujarnya. 

Disebutkan, bahwa kegiatan Bimtek sesuai aturan Kemenhan, Undang Undang dan peraturan yang berlaku. Pihaknya dituntut transparan dalam pengelolaan Keuangan termasuk dalam hal pengajuan para Satker harus bisa lebih teliti Daftar Isian Pengajuan Anggaran dan dalam laporan keuangannya.

Kakudam I menyebutkan bahwa dalam penyusunan laporan keuangan itu harus ada tampilan anggaran, Neraca, LO, LPE dan catatan lainnya termasuk laporan anggaran dan pengguna anggaran yang memuat unsur keuangan, anggaran hingga logistik harus sesuai dan transparan.

" Tidak hanya itu, para penyusun laporan keuangan, para pejabat keuangan dan operator keuangan harus bisa menginput data dari sumber Satker dengan benar sesuai dengan pos penempatan laporan keuangannya sehingga sesuai laporan keuangan Kodam I/BB yang transparan dan Akuntabel maka Opini WTP dari BPK RI bisa diraih lagi,"  pungkas Kakudam I. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini