|

Bupati Karo Dukung Gerakan Sapo Literasi FPPPK Tingkatkan Baca dan Menulis Masyarakat



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat mendukung gerakan Sapo Literasi  Forum Pemuda Peduli Pendidikan Karo (FPPPK) untuk meningkatkan minat masyarakat membaca dan menulis sekaligus mengedukasi masyarakat khususnya putera puteri Karo.

Hal diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana saat menerima audiensi Ketua FPPPK   Atmaja P Sembiring,, Rabu (04/11/2020) di Kabanjahe.

Menurut penelitian di UNESCO, katanya, minat baca di Indonesia masih minim, dalam setahun hanya 12 lembar membaca buku, sehingga hitungannya dalam 1 tahun 12 bulan hanya  sekali membaca buku

Ironisnya bukan buku pengetahuan yang dibaca dan dilihat  tapi buku tabungan dan ini tidak pantas ditiru.

"Filosofi ini harus diubah, sehingga gerakan yang dibuat oleh FPPPK mendirikan Sapo Literasi sangat tepat sasaran, dalam menumbuh-kembangkan kembali minat masyarakat, sebab buku bacaan  adalah jendela dunia dalam mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan," tandasnya. 

Menyikapi hal itu, tentu butuh dukungan dan kolaborasi, sehingga diharapkan kepada Dinas Pendidikan dan Perpustakaan Karo  bekerja sama dalam memajukan budaya membaca dan menulis. 

Sebelumnya, Ketua FPPPK)  meminta kepada Bupati Karo mendukung gerakan literasi berupa kemampuan membaca dan menulis, guna mendongkrak minat membaca,  karena pihaknya telah membangun tempat khusus literasi yang diberi nama Sapo Literasi.

Lebih lanjut diungkapkan Atmaja, Sapo Literasi ini dapat berkembang dan berfungsi jika Pemkab Karo mendukung gerakan tersebut sebagai   wadah atau tempat untuk mengasah dan  menggali kemapuan berkomunikasi, membaca, menyimak dan menulis bagi masyarakat.

"Kedatangan kami juga sekaligus mengundang Bapak Bupati untuk hadir, pada Senin (9/11/2020) dalam kegiatan  "Bedah Buku Jamin Ginting Pahlawan Nasional Tanah Karo," ujarnya.(imc/is) 




Komentar

Berita Terkini