-->
    |

Kadisdik Batubara dan Penerbit Serahkan 800-an Buku Untuk TBM Khasanah Bandar Rahmad



INILAHMEDAN - Batubara: Bupati Batubara Zahir berharap keberadaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Khasanah dapat merangsang minat baca anak-anak tepian pantai Desa Bandar Rahmad.

"Dengan gemar membaca, anak-anak kita akan memiliki daya pikir dan keingintahuan yang tinggi. Semua itu dioeroleh melalui literasi membaca," kata Bupati Zahir melalui Kadis Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus pada kegiatan penyerahan bantuan buku yang digalangnya bersama penerbit nasional dan Perpustakaan Sumatera Utara di ruang TBM Khasanah Bandar Rahmad, Jumat (23/10/2020). 

Menurut Ilyas Sitorus, perlu kerja sama semua pihak untuk mendekatkan buku kepada anak sehingga anak menjadi tertarik untuk membaca.



Oleh karena itu, kata pria yang akrab disapa Ncekli ini, keberadaan koleksi buku dapat menjadi referensi ilmu pengetahuan bagi anak. 

Kepada pengasuh TBM Khasanah, Ilyas berpesan agar membiarkan buku rusak karena dibaca anak-anak ketimbang rusak dimakan serangga karena kelamaan disimpan. 

Menurut Ilyas, kedatangannya ke TBM Khasanah merupakan yang kedua kalinya. Kedatangannya ini juga merupakan janjinya dengan mendatangkan rekan-rekan penerbit basional seperti Tiga Serangkai, Intan Pariwara, Grafindo, Erlangga, Masmedia serta Dinas Perpustakaan Dan Arsip Sumatera Utara dengan memberikan bantuan buku sebanyak 200 eksamplar ditambah dari penerbit sehingga berjumlah 800-an eksamplar. 

Sementara Erikson Pakpahan Kasi Pembudayaan Gemar Membaca, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provsu, mengatakan kehadiran mereka untuk memberikan dukungan kepada anak-anak agar memanfaatkan keberadaan TBM Khasanah. 

"Kami berencana akan datang lagi bulan depan ke tempat ini bersama kawan-kawan dari Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sumatera Utara untuk bergembira bersama anak-anak dalam meningkatkan literasi. Kami akan datang bersama pendongeng Medan untuk berbagi cerita sekaligus membawa oleh-oleh khusus buat anak-anak," katanya. 

Perwakilan penerbit, Dedi, dari Intan Pariwara mengatakan bangga dan senang dengan program kebersamaan ini. 

"Luar biasa idenya Pak Kadis Pendidikan Batubra yang sengaja mengundang kami di kediaman beliau di Komplek Perumahan Tg Gading Sei Suka. Terimavkasih sudah mengajak kami bersama-sama dalam program mendekatkan buku kepada anak untuk meningkatkan literasi. Semoga yang kami berikan berupa buku-buku koleksi ini bisa dimanfaatkan guna peningkatan literasi anak-anak semua," harap Dedi.

Pengelola TMB Khasanah menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan buku dan kehadiran tamu yang begitu ramai.(imc/rel) 

Komentar

Berita Terkini