-->
    |

Hari Kedua Ops Zebra Toba Diperoleh 1469 Perkara


INILAHMEDAN
- Medan : Sejumlah 1469 perkara yang diperoleh dari hasil gelar operasi Zebra Toba dijajaran Ditlantas Polda Sumut pada hari kedua, Selasa (27/10/20). 

Kabid Humas Polda melalui Kasi Penmas AKBP MP Nainggolan menyebutkan, dari gelar operasi Zebra Toba hari kedua tersebut untuk Tilang 463 dan Teguran 1006 perkara. 

Sedangkan jenis pelanggaran yang ditindak antara lain, tidak menggunakan helm SNI 211 perkara, melawan arus 46, menggunakan Hp saat berkendara 4 dan untuk pelanggaran mengemudi dalam pengaruh alkohol nihil. 

Selain itu, tindakan pelanggaran dalam melebihi batas kecepatan diperoleh 3 perkara, berkenderaan dibawah umur sebanyak 29, tidak menggunakan safety belt (sabuk pengaman) sebanyak 91 perkara. 

" Dan tindakan pelanggaran lainnya berjumlah 125 perkara," katanya. 

Sementara untuk kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas), lanjut perwira berpangkat melati dua itu berjumlah 6 kasus. Yang terdiri dari korban meninggal dunia (MD) 2, luka berat 2 dan korban luka ringan 9 orang. 

" Jadi dari 6 kasus itu diperoleh kerugian materil sebesar Rp 2.430.000," ucapnya. 

Pada bagian lain, Direktur Ditlantas Polda Sumut, Kombes Wibowo menyampaikan bahwa Operasi Zebra Toba 2020 itu akan berlangsung selama 14 hari di seluruh jajaran Satlantas Polrestabes, Polresta dan Polres jajaran Polda Sumut. 

" Operasi ini juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Sasaran dan target prioritas Ops Zebra Toba yakni pengendara yang tidak dapat memperlihatkan SIM dan STNK, serta melawan arus lalu lintas,” sebut Wibowo. 

Ia mengatakan pula petugas juga akan menindak kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan layak jalan, tidak dilengkapi perlengkapan standar serta memasang sirine atau rotator. 

" Untuk itu diimbau kepada para pengendara agar mematuhi peraturan lalulintas di jalan, serta melengkapi semua surat kendaraannya,” imbuhnya. 

Menurutnya, operasi Zebra Toba tersebut bisa diharapkan dalam menekan angka kecelakaan, karena dengan tertib berlalulintas pengendara selamat sampai ke tujuan. (imc/joy)


Komentar

Berita Terkini