|

Paslon No 1 FBT- MO: Tiga Hal Perlu Diperhatikan Majukan Pendidikan Pakpak Bharat

Calon Wakil Bupati Pakpak Bharat Mutsyuhito

INILAHMEDAN - Medan: Pasangan Calon Bupati Pakpak Bharat Nomor Urut 1  Franch Bernhard Tumanggor dan Mutsyuhito Solin bertekad meningkatkan kualitas pendidikan.

Calon Wakil Bupati Pakpak Bharat Mutsyuhito mengatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pertama, meningkatkan perlengkapan sarana dan prasarana pendidikan agar mudah diakses anak didik, salah satunya menghadirkan jaringan internet di seluruh wilayah Pakpak Bharat.

"Saat ini masih ada wilayah di Pakpak
Bharat yang belum terkoneksi jaringan internet sehingga kalau anak didik mau belajar daring mereka harus ke kantor ke kepala desa masing-masing yang sudah ada jaringan internet," kata Mutsyuhito kepada wartawan, Rabu (30/09/2020).

Kedua, kata dia, peningkatan kualitas guru. Sesuai  arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, sebut Mutsuhito, ada dua penekanan yang harus ditekankan kepada guru ketika memberikan materi pembelajaran kepada anak didik, yakni penekanan literasi dan numerasi.

" Literasi terkait baca tulis. Numerasi terkait dengan berhitung. Literasi dan numerasi ini diharapakan agar anak didik bisa berpikir kreatif dengan kondisi lingkungannya. Di Pakpak Bharat itu lingkungannya terdiri pertanian dan kehutanan serta pariwisata. Nah bagaimana dengan kondisi lingkungannya anak-anak dididik itu bisa memanfaatkan untuk kesejahteraan mereka ke depannya," ujar Mutsuhito.

Life skill anak-anak di Pakpak Bharat,  sebut Mutsyuhito, harus bisa  memanfaatkan kondisi alam di Pakpak Bharat. Seperti menjadi petani andal atau menjadi pengusaha perkebunan yang hebat yang bisa mengangkat perekonomian.

Ketiga, sebut dia, meningkatkan gaji para guru honor melalui APBD. "Banyak guru honor di Pakpak Bharat hanya bergaji antara Rp400-800 ribu. Sementara di provinsi sudah bergaji Rp2,4 juta. Jadi tugas kami nantinya akan meningkatkan gaji para guru honor itu," katahya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini